PEMBELAJARAN MAḤFŪẒĀT DALAM INTERNALISASI NILAI DISIPLIN SISWA (STUDI KASUS DI MIT AL-FATIMIYAH AN-NUR ROROTAN JAKARTA UTARA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43310Keywords:
Pelaksanaan Pembelajaran, Maḥfūẓāt, Internalisasi Nilai DisiplinAbstract
. Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap penanaman nilai disiplin melalui pembelajaran Maḥfūẓāt dikarenakan masih banyak siswa yang menyepelekan peraturan-peraturan khususnya yang diterapkan di Sekolah sehingga dengan adanya pembelajaran Maḥfūẓāt penulis melihat adanya relevansi terkait penanaman disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa relevan pembelajaran Maḥfūẓāt dalam membentuk perubahan tingkah laku (Behavioristik) siswa dan penanaman apa saja yang dihadirkan di MIT Al-Fatimiyah An-Nur dalam upaya menciptakan perubahan tingkah laku siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dimana dalam penelitian ini penulis mencoba menggambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek tertentu dengan jelas dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, 1. Proses pelaksanaan pembelajaran Maḥfūẓāt yang dilaksanakan di MIT Al-Fatimiyah An-Nur sudah berlandaskan komponen-komponen pembelajaran yang meliputi: Tujuan, Materi, Media, Strategi/Metode, Sarana dan Prasarana, serta evaluasi pembelajaran. Dalam pembelajaran Maḥfūẓāt teori Behavioristik sangat cocok direalisikan karena adanya hubungan antara stimulus dan respon pada saat pembelajaran yang memudahkan pendidik untuk menciptakan perubahan tingkah laku pada peserta didik. 2. Internalisasi nilai disiplin di MIT Al-Fatimiyah An-Nur dilakukan dengan melakukan beberapa proses di antaranya: a) Tahap transformasi nilai, b) Tahap transaksi nilai, c) Tahap transinternalisasi. 3. Adanya faktor pendukung dalam internalisasi nilai disiplin seperti minat dan semangat yang tinggi peserta didik serta adanya pembiasaan kegiatan rutin dan keteladanan. Sedangkan faktor penghambat salah satunya seperti kemampuan intelektual peserta didik yang berbeda-beda sehingga memengaruhi proses internalisasi nilai disiplin siswa.References
Abidin, A. Mustika. “Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak).” An-Nisa 15, no. 1 (2022): 1–8. https://doi.org/10.30863/an.v15i1.3315.
Abu Dawud, Imam. “Sunan Abu Dawud,” 1453. tt.p, n.d.
Afidah, Siti Inarotul, and Fina Surya Anggraini. “Implementasi Metode Muraja’Ah Dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Amanatul Qur’an Pacet Mojokerto.” Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam 7, no. 1 (2022): 114–32. https://doi.org/10.61815/alibrah.v7i1.192.
Ahmad Rofi Usmani. “Ensiklopedia Tokoh Muslim Potret Perjalanan Hidup Muslim Terkemuka Dari Zaman Klasik Hingga Kontemporer.” Bandung: Mizan Publishing, 2022.
Ahmadi, Ahmadi, and Minnah El Widdah. “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam (Suatu Kajian Studi Letaratur Manajemen Pendidikan).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 4, no. 1 (2023): 104–13. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1376.
Ahmadi, Muhammad Zul, Hasnawi Haris, and Muhammad Akbal. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Phinisi Integration Review 3, no. 2 (2020): 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971.
Alghifary, Mohamad Hafidz, and Ferianto. “Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Mahfudzat Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Di Sdit Mutiara Qolbu Sukatani.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11, no. 1 (2023): 39–52. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i1.3202.
Ali Murtado, Zainal Aqib. “A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Guru, Dosen, Dan Mahasiswa,” 256–57. Yogyakarta: Pustaka Referensi, 2022.
Amelia, Nurul. “Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar.” IImiah Pendidikan Dan Pembelajaran 7, no. 1 (2023): 145.
Amini, Nur Aisyah, and Muhamad Taufik Hidayat. “Tinjauan Pustaka Sistematis: Penanaman Nilai Karakter Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 7, no. 1 (2023): 147–57. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.122438.
Ancok, Djamaludin. “Psikologi Islami: Solusi Islam Atas Problem-Problem
Gulo, Talenta kasih, and Asali Lase. “Pengaruh Disiplin Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 4 (2023): 560–70. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18129.
Gusnarib Wahab dan Rosnawati. “Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran,” 4. Indramayu: CV. Adanu Abimata, n.d.
Hadi, Azwar, and Indah Sari. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Muaddib: Islamic Education Journal 5, no. 2 (2022): 100–106.
Pradina, Qonita, Aiman Faiz, and Dewi Yuningsih. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 4118–25. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294.
Pramita, Meri, Jamienti, Alimir, and Abdul KarimHamdi. “Pembinaan Akhlakul Karimal Melalui Pembiasaan Membaca Al- Qur ’ an Di SMP N 3 Sungai Pua Kab . Agam.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 2 (2023): 22045–52.
Harahap, and Ellis Mardiana Panggabean. “Kelebihan Dan Kekurangan Teori Belajar Behavioristik Dalam Penerapan Pembelajaran.” Khazanah Pendidikan 17, no. 2 (2023): 1–8. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17835.
Rajafi, Ahmad. “Al-Mahfuzhat: Kata-Kata Mutiara,” 2. Manado: Penerbit Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Manado, 2020.
Ramdhan, Muhammad. “‘Metode Penelitian’, (Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021), h. 7-8,” 8. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.
Ramdhani, Deddy. “Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Bahasa Arab.” Cordova Journal Language and Culture Studies 10, no. 1 (2020): 47–66. https://doi.org/10.20414/cordova.v10i1.2227.
Ranam, Sanudin, Ibnu Fiqhan Muslim, and Priyono Priyono. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan.” Research and Development Journal of Education 7, no. 1 (2021): 90. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8192.
Setiawan, Farid, Annisa Septarea Hutami, Dias Syahrul Riyadi, Virandra Adhe Arista, and Yoga Handis Al Dani. “Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 4, no. 1 (2021): 1–22. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809.
Shahbana, Elvia Baby, Fiqh Kautsar farizqi, and Rachmat Satria. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 1 (2020): 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249.
Sidiq, Umar. “Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan,” 67. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.
Sirojudin, Akhmad. “Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 2 (2019): 204–19. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.162.
SMAN 1 Abiansemal. “Pentingnya Upacara Bendera Setiap Hari Senin,” 2024. https://sman1abiansemal.sch.id/pentingnya-upacara-bendera-setiap-hari-senin/.
Sofia, Aulia., Areefa, Nur., Meity Suryandari. “Memahami Taksonomi Pembelajaran Menurut Para Pakar.” Cendekia Pendidikan 1, no. 1 (2023): 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769.
Sri Mulyani, Eni, and Hunainah Hunainah. “Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa.” Qathrunâ 8, no. 1 (2021): 1–20. https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782.
Sugirma. “Konsep Mujahadah Li Thalabil ’Ilmi Dalam Kitab Mahfudzat.” Al-Tadabbur: Jurnal Kajian Sosial, Peradaban Dan Agama volume 6 N (2020): 247–64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aulia Safitri, Pahrurroji Pahrurroji, Sri Widyastri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




