PARADIGMA BARU DALAM PEMBELAJARAN: STRATEGI EFEKTIF DAN EFISIEN UNTUK PENDIDIKAN MASA DEPAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43125Keywords:
Paradigma Baru, Pembelajaran, Strategi Efektif dan Efisien, Pendidikan Masa DepanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paradigma baru dalam dunia pembelajaran yang berisi tentang strategi efektif serta efisien untuk menyongsong pendidikn masa depan. Penelitian menggunakan penelitian kepustakaan. Sumber datanya yakni buku-buku, jurnal, serta website merujuk literatur selaras pembahasan penelitian. Teknik pengumpulan datanya yakni studi literatur serta teknik analisis data yakni reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran meliputi proses interaksi antara peserta didik, guru, dan sumber belajar dalam lingkungan yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan, secara tatap muka maupun media digital. Visi pembelajaran menciptakan lingkungan mendukung pengembangan potensi siswa, mencakup aspek akademik, keterampilan, dan sikap. Perencanaan pembelajaran perlu disesuaikan kondisi peserta didik, termasuk kemampuan dasar, minat, dan gaya belajarnya. Sebagai makhluk pembelajar, manusia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mendorongnya mencari pengetahuan. Untuk menjadi pembelajar seutuhnya, pendidikan berbasis humanisasi penting bagi lembaga formal maupun non-formal. Maka profesionalisme guru berpengaruh pada mutu pendidikan, dengan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional pendidik bermutu akan menghasilkan lulusan dengan bekal kompetensi, serta kecakapan hidup agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zamanReferences
Abidin, A. M. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaana. Dikdaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196.
Ahdar Djamaluddin, W. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV Kaaffah Learning Center Sulawesi Selatan.
Alfian, R. N., & Ilma, M. (2023). Menakar Peluang dan Tantangan dalam Membidik Strategi Pendidikan Islam di Era Globalisasi. MA’ALIM : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 71–83. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.7108.
Aliah, Fitria, Mira Sari, Z. (2024). Pentingnya Sumber Belajar Dalam Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kita, 1(1), 42–50.
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123.
Andi Prastowo. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/16734/metode-penelitian-kualitatif-dalam-perspektif-rancangan-penelitian.html
Anisah Azzahra, M. S. (2025). Islamic education and the challenges of community life in the era of society 5.0. Journal of Research in Instructional, 5(1), 62–74. https://jurnal.unipa.ac.id/index.php/jri/article/view/599/347
Annur, S., Ibrahim, I., Khotima, U., & Marlina, L. (2024). Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 11 Palembang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4748–4762. https://doi.org/https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1726
Arum, W. S. A. (2007). Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Berlandaskan Ilmu Pendidikan Dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 16(8), 93–101.
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Harefa, A. (2000). Menjadi Manusia Pembelajar. kompas.
Haryono, A. (2015). Paradigma Baru Dalam Proses Pembelajaran Konsep, Praktek, dan Permasalahannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171–186.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.
Mammadova, S. (2019). Teacher Quality VS Teaching Quality. Azerbaijan Journal of Educational Studies, 686(1), 25–32.
Muhammad Yudistira Nugraha, Elvina Rahmania, Yolanda, Duski Ibrahim, S. S. (2024). Konsep Kajian Filsafat Ilmu dan Ilmu Filsafat Perspektif Pendidikan Islam. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 581–604. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/18849/9233
Nugraha, M. Y., & Abdur Razzaq, K. I. (2024). Konsep Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Dalam Pendidikan Islam Menurut Perspektif Qs Al Anbiya Ayat 107. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13953–13962. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35231
Nugraha, M. Y., Mansur, A., & Wanto, D. (2024). Konsep Pendidikan Islam Berbasis Hakikat Penciptaan Alam Semesta dalam Membentuk Generasi Peduli lingkungan di SD Negeri 136 Palembang. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(4), 1594–1603. https://doi.org/10.55681/jige.v5i4.3339
Nugraha, M. Y., Zuhdiyah, Z., & Handayani, T. (2024). Konsep Pendidikan Islam Ditinjau Menurut Sumber: Al Quran, Hadits, Ulama dan Ahli Pendidikan Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6078–6089. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15660
Nurdin, S. (2005). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Quantum Teaching.
Nurhaliza, N., & Lingga, L. J. (2024). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Kelas Iv Mata Pelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka Di Sdn 17 Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16810–16817. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38311
Nurlaila. (2013). Profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. TA’DIB, 28(2), 260–269.
Ramayulis. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Remiswal, R. A. (2013). Format Pengembangan Strategi PAIKEM Dalam Pembelajaran Agama Islam. Graha Mulia.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Rajawali Pers.
Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Saipul Annur, Sri Mulyani, Destriyati Destriyati, Imron Imron, Sahniarti Sahniarti, L. Y. (2024). Strategi Pengembangan Sistem Manajemen Mutu Pendidikan yang Efektif dan Berkelanjutan di Madrasah Indonesia. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 245–250. https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.904
Sallis, E. (2008). Total Quality Management In Education. IRCiSoD.
Suderadjat, H. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). CV. Cipta Cekas Grafika.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Tafsir, A. (2007). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Remaja Rosdakarya.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Wahed, A. (2018). Strategi Mewujudkan Sekolah dan Madrasah Unggulan di Era Global. Al-Ibrah, 3(1), 1–28.
Yunus, M. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Lentera Pendidikan, 19(1), 112–128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Yudistira Nugraha, Barkah Al Ghifari, Saipul Annur, Tutut Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.