KONSEP PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PERSPEKTIF QS AL ANBIYA AYAT 107

Authors

  • Muhamad Yudistira Nugraha Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Abdur Razzaq Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kristina Imron Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35231

Keywords:

Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin,Pendidikan Islam, QS Al Anbiya Ayat 107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Dalam Pendidikan Islam Menurut Perspektif QS Al Anbiya Ayat 107. Jenis Penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini yakni kepustakaan. Sumber datanya yakni ayat Al Quran serta tafsirnya, dan buku serta website merujuk literatur selaras dengan pembahasan penelitian. Teknik pengumpulan datanya yakni tafsir maudhu`i serta teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan konsep Konsep Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Dalam Pendidikan Islam Menurut Perspektif QS Al Anbiya Ayat 107, implementasi konsep profil pelajar rahmatan lil alamin dalam pendidikan Islam melalui sepuluh aspek yakni berkeadaban, keteladanan, kewarganegaraan, mengambil jalan tengah, berimbang, lurus tegas, kesetaraan, musyawarah, toleransi, dinamis dan ikhtiar. Impelemtasinya menunjukkan keselarasan memadukan nilai rahmat, seperti Nabi Muhammad SAW diutus sebagai rahmat bagi alam semesta, maka pendidik harus mendidik pelajar tidak hanya digembleng akademis, religius saja tetapi juga mengajarkan nilai sosial ajaran Islam sehingga pelajar berkontribusi di masyarakat sebagai generasi moderat.

References

Abu Ja`far Muhammad bin Jarir at- Thabari, Jami`ul Bayan Ta`wil Ayil Qur`an, Jilid 16. (2008). Dar Hijr Li Ath-Thaba`ah Wa Al-Nasyr.

Ahmad Izzan, M. I. (2023). Karakter Keteladanan Profil Pelajar Rahmatan Lil`alamin (PPRA) Dalam Program Merdeka Belajar Perspektif Surat Al-Mumtahanah. Jurnal Masagi, 2(1), 5.

Akhmadi. (2023). Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil `Alamin Melalui Bimbingan dan Konseling Di Madrasah Aliyah. Jurnal Perspektif, 15(2), hlm. 121-130.

Al-Dimashqi, A. al-F. I. b. K. (2000). Tafsir Al-Qur`an Al-Azim. Mu`assasah Qurtubah.

Al-Maraghi, A. M. (1946). Tafsir Al-Maraghi. Maktabah Mustada Al-Babi Al-Halabi Wa Awladih.

Al-Zuhaili, W. (2009). Al Tafsir Al-Munir Fi Al- Aqidah Wa Al-Shari`ah Wa Al-Manhaj. Dar Al Fikr.

Al Kautsar M S, Wachidah Nr, E. a. (2021). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), hlm. 121-150.

Ariyanti. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Profil pelajar rahmatan lil alamin (PPRA) Di Madrasah Ibtidaiyyah (Literatur Riview). Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(1), hlm. 25-38.

Azra, A. (1999). Esei-esei Intelekual Muslim dan Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu.

Fatah, N. (2023a). Revitalisasi Makna Rahmatan Lil `Alamin dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kementerian Agama. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), hlm. 17.

Fatah, N. (2023b). Revitalisasi Makna Rahmatan Lil `Alamin dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kementerian Agama. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), hlm. 21.

Fatkhullah K, K. A. dkk. (2022). Management Of Character Education Based On Local Wisdom. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 73–91.

Fitri Susanti, Kusen, S. (2024). Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) di Madrasah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen, 7(1), 7.

Hamzah. (2022). Proyek Profil Pelajar pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), hlm. 553-559.

Hidayat, L. N. H. D. R. (2023). “Analisis Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lilalamin Pada Kma No. 347 Tahun 2022,.” Akselerasi: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 4(1), hlm. 1-10.

Intan Permata Putri, Z. Z. F. et. a. (2023). Pengembangan Kurikulum dan Asesmen Pembelajaran Anak Usia Dini. Jejak Pustaka.

Kemenag, Alquran serta Tafsirnya, 2019 Diakses Pada Rabu, 11 September 2024 Pukul 20:07 WIB. (n.d.).

Mufid, M. (2023). Penguatan Moderasi Beragama dalam Projek Profil Pelajar Rahmatan Lil `Alamin Kurikulum Madrasah. QuranicEdu: Journal Of Islamic Education, 2(2), hlm. 141-154.

Muhammad Ali Ramdhani, M. I. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Kementerian Agama.

Najma D B, B. S. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan. Academica: Journal Of Multidisciplinary, 5(1), hlm. 421-434.

Nur`ani. (2023). Implemantasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) Dalam Kurikulum Prototife Di Sekolah/Madrasah. Jurnal Pedagogy, 16(1), hlm. 84-97.

Obella, N. (2023). Upaya Guru Fiqh dalam Memotivasi Belajar Siswa MTS Negeri Rejang Lebong Melalui Metode Simulasi. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Rohmah, A. N. (2024). Strategi Pengembangan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), hlm. 63.

Rusdiana, A. (2023). Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Pegiat Rumah Baca Tresna.

Rusdiana, A. (2024). Kurikulum Merdeka Berbasis Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin untuk Siapa? Kompasiana.

Saragih, R. K. A. (2024). Implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil-Alamin. Jurnal Komprehenshif, 4(1), hlm. 118.

Sayekti, H. R. (2024). Konsep Profil pelajar rahmatan lil alamin Berkeadaban Dalam Pendidikan Islam Multikultural. Victarina: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), hlm. 98.

Stephen D. Lapan, D. (2012). Qualitative Researc: An Introduchtion to Methods and Designs. Jon Wiley and Sons, Inc.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanti. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil pelajar rahmatan lil alamin (P2RA) di Madrasah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen, 7(1), hlm. 193-202.

Sutrisno. (2019). Akulturasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), hlm. 323-348.

Ulva, A. M. (2021). Pelaksanaan Konsep Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 2(4), 462.

Yaaqob N, R. N. (2021.). An Islamic Perspective On The Role Of Education In Responding to Social Issues Among Studies in Malaysia. 3(6), 12.

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Nugraha, M. Y. ., Razzaq, A. ., & Imron, K. . (2024). KONSEP PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PERSPEKTIF QS AL ANBIYA AYAT 107. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13953–13962. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35231