DEVELOPING STRATEGY BY USING RECIPROCAL QUESTIONING (REQUEST) STRATEGY AS A STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION FOR GRADE VIII STUDENTS OF SMPN 3 HALONGONAN TIMUR

Authors

  • Nur Asia Ansor Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ahmad Laut Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17680

Keywords:

Mengambangkan Materi Berbicara, Media Podcast, Keterampilan Berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi dengan menggunakan strategi reciprocal questioning (request) sebagai strategi dalam pembelajaran pemahaman membaca siswa kelas VIII SMPN 3 Halongonan Timur. Penelitian ini menggunakan Model Pengembangan. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan Reciprocal Questioning Strategy sebagai strategi dalam mengajar pemahaman bacaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pendekatan penelitian yang mengkaji upaya untuk menghasilkan strategi pengajaran membaca. Oleh karena itu dalam merancang model peneliti menggunakan pendekatan Research and Development dengan mengadaptasi Model Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Halongonan Timur. kelas VIII tahun ajaran 2021/2022. Subyek ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dan hasil kuantitatif diperoleh dari ahli validasi angket, review ahli materi dan ahli strategi pengajaran. Data dari uji coba lapangan diperoleh dari komentar atau tanggapan, hasil angket dan hasil tes. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara administrasi dan penyebaran angket kepada 26 responden untuk mengetahui kebutuhan siswa. Maksud dari angket yang berkaitan dengan kesesuaian materi adalah . nilai rata-rata termasuk dalam kategori “Sangat Baik” karena berada pada interval 3,25 < x < 4. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan bacaan tersebut sesuai untuk siswa kelas VIII SMP. Peneliti menggunakan tes untuk mengetahui strategi pemahaman membaca siswa berdasarkan strategi reciprocal questioning (permintaan) sebagai strategi dan tes dilakukan dua kali; pre-test dan post-test. Kemudian, t-test digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari data di atas adalah nilai t-test lebih tinggi dari t tabel (13,6 > 1,711) pada taraf signifikansi 0,05 untuk two tailed dan derajat kebebasan (df) = 26-2 = 24. Artinya Strategi Reciprocal Questioning secara signifikan mempengaruhi prestasi pemahaman membaca siswa.

References

Anderson, Mark and Anderson, Kathy. 1998. Text Type in English III. Sydney,

Australia: Macmillan

Arikunto, Suharsini. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta : Bumi Aksara, 2009), p.245

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: PT. Rineka Cipta

Brummit, J. 2012. What is Reading Comprehension. (Online). Available:

http://www.k12reader.com/what-is-reading-comprehension/. html (on 24 January 2020)

Ching-Ying Pan. (2014). Effects of Reciprocal Peer-Questioning Instruction on EFL College Students’ English Reading Comprehension. Taiwan: Tzu Chi University.

Clouse, Barbara Fine. 2004. The Students’ Writer. New York: The Mc-Graw Hill Companies

Elizabeth, M. E. S. 2012. Methods of Teaching English. New Delhi, India: Discovery Publishing

Gall, M, D., Gall, J. P., & Borg, W. R. Educational Research an Introduction, p.775-776

Grabe, William and Stoller, Fredica L. 2002. Teaching and Researching Reading. Essex: Pearson Education

Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching (thirded).

Cambridge: Longman Company

John P. Helfeldt and William A. HenkSource (1990) Answer Relationships: An

Instructional Technique for At-Risk Readers, Journal of Reading, 33

(7), 509-514.

Juraschka, Ryan. 2019. 4 Reciprocal Teaching Strategies to Use. (Online). Available: http://www.prodigygame.com/blog/reciprocal-teaching/. html (on 18 February 2020)

Khoiriyah. 2010. Empowering Reciprocal Teaching in Teaching Reading Comprehension. Kediri: Nusantara PGRI Kediri University

Lampariello, Luca. 2018. Intensive vs. Extensive Reading. (Online). Available: http://www.lucalampariello.com/intensive-vs-estensive-reading/. html (on 18 February 2020)

Mickulecky, Beatrice S and Jeffries, Linda. 1996. More Reading Power. New York: Addison Wesley Publishing Company

Manzo A. (1969) The ReQuest Procedure, Journal of Reading, 13, 123-127.

Nation, I. S. P. 2009. Teaching ESL/EFL Reading and Writing. New York: Taylor and France Group

Nunan, David. 2003. Practical English Language Teaching. China: McGraw-Hill Companies, Inc 7 Higher Education Press

Nuttal, Christine. 2005. Teaching Reading Skill. London: Macmillan Publisher

Oczuks, L. (2003) Reciprocal teaching at work: Strategies for improving reading comprehension. Newark, DE: International Reading Association.

Palinscar, A. Sullivan and Brown, Ann L. 1984. Reciprocal Teaching of Comprehension-Fostering and Comprehension-Monitoring Activities. New Jersey: Cognition and Instruction

Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Setyadi, R and Kuswendi, U and Ristiana M.U. 2019. Learning of Reading Comprehension through Reading Workshop in the Industry 4.0. Cimahi: IKIP Siliwangi

Tompkins, G. (1998). 50 literacy strategies: Step by step. Upper Saddle River,

NJ: Prentice-Hall.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Hasibuan, N. A. A. ., & Hasibuan, A. L. . (2023). DEVELOPING STRATEGY BY USING RECIPROCAL QUESTIONING (REQUEST) STRATEGY AS A STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION FOR GRADE VIII STUDENTS OF SMPN 3 HALONGONAN TIMUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 85–90. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17680