PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR ANIMASI SENI BUDAYA KERAJINAN DAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD YPPI-IV SURABAYA

Authors

  • Rizky Faricha Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Atiqoh Atiqoh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hartono Hartono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41701

Keywords:

Media Animasi, Seni Budaya, Aplikasi Canva

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar animasi dalam pembelajaran Seni Budaya Kerajinan dan Keterampilan menggunakan aplikasi Canva untuk peserta didik kelas V SD YPPI-IV Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli isi, ahli desain, dan ahli media, serta diuji coba pada siswa melalui uji coba perorangan, kelompok kecil, lapangan, dan teman sejawat. Hasil validasi menunjukkan skor kelayakan dari ahli isi sebesar 96%, ahli desain 86%, ahli media 92%, uji coba perorangan 92%, uji coba kelompok kecil 93%, uji coba lapangan 92%, dan uji coba teman sejawat 100%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media belajar animasi menggunakan aplikasi Canva layak digunakan dalam pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan keterampilan kreatif siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah media berbasis teknologi dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, serta memperkenalkan mereka pada keterampilan desain dan teknologi secara menyenangkan dan interaktif.

References

Adam, M. F., Wahyudi, A., Abdullah, M. R., Pratiwi, A., & Widuhung, S. D. (2024). Sosialisasi Literasi Kewirausahaan Dan Pemanfaatan Digital Pada Siswa Sd Al Fityan School Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (Sendamas), 3(1). Https://Doi.Org/10.36722/Psn.V3i1.2427

Anita Adesti, & Siti Nurkholimah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment, 8(1), 27–38. Https://Doi.Org/10.35438/E.V8i1.221

Arifin, A. H., Pratiwi, W. R., Andriyansah, A., & Sultan, Z. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Paud Di Kota Tangerang Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva. Journal Of Human And Education (Jahe), 4(1). Https://Doi.Org/10.31004/Jh.V4i1.571

Arikarani, Y. (2024). Adaptasi Teknologi Dan Media Pembelajaran Melalui Canva Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. Ej, 6(2). Https://Doi.Org/10.37092/Ej.V6i2.677

Azzahra, I. S. S., & Yunisya Zyan Azhari. (2024). Description Of Writing Exposition Text Using The Discovery Learning Model Assisted With Media Canva. Jler (Journal Of Language Education Research), 7(1). Https://Doi.Org/10.22460/Jler.V7i1.20470

Febriana, T., Suneki, S., Suyoto, S., & Rochajati, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1). Https://Doi.Org/10.33061/Js.V6i1.8681

Hidayatus Sholehah, S., Siswa Pramadyahsa, A., Andri Nugroho, A., & Estiyani. (2023). Pengaruh Model Pbl Berbantuan Canva Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(2), 3237–3246. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i2.1011

Irmawati, I., Baktiar, M., & Hutapea, B. (2023). Pemanfaatan E-Modul Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva Pada Prodi Pendidikan Matematika Dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01). Https://Doi.Org/10.47709/Jpsk.V3i01.2738

Komang, Ni Arini, H. Syahrudin, And I. G. W. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Addie Terhadap. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja 1.

Maulid, T. A., Maulana, & Isrok’atun. (2024). Keterampilan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Digital Dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1).

Putri, P., Syafwan, H., & Nofriadi, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Bagi Guru-Guru Uptd Sdn 014671 Sentang. Journal Of Indonesian Social Society (Jiss), 2(1). Https://Doi.Org/10.59435/Jiss.V2i1.221

Robert Maribe Branch. (2009). Approach, Instructional Design: The Addie. In Department Of Educational Psychology And Instructional Technology University Of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Saniah, F. L. (2023). Pengembangan E-Modul Adaptif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Sma Dengan Model Assure. Repository Unej.

Sdn, K. V, Wetan, B., Sulistiyowati, P., Fajrie, N., Surachmi, S., Kudus, U. M., Utara, J. L., Kulon, K., Manis, G., Bae, K., Kudus, K., & Tengah, J. (2023). Efektivitas Media Canva Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa. Journal On Education, 05(02).

Senja, B. K., Medriati, R., & Putri, D. H. (2024a). Development Of A Problem Based Learning E-Module With The Assistance Of Canva On The Matery Of Balance And Rotational Dynamics To Grow Students’ Interest In Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 15(1). Https://Doi.Org/10.26418/Jpmipa.V15i1.71909

Senja, B. K., Medriati, R., & Putri, D. H. (2024b). Development Of A Problem Based Learning E-Module With The Assistance Of Canva On The Matery Of Balance And Rotational Dynamics To Grow Students’ Interest In Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 15(1), 1. Https://Doi.Org/10.26418/Jpmipa.V15i1.71909

Siwardani, N. W., Dantes, N., & Igk Arya, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Addie Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(1), 1–10.

Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Grafik Fungsi Eksponen Dan Logaritma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V7i2.2212

Ulum, M. K., S, E. E., & Ysh, A. S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Addie Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 98. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V4i1.24774

Utami, Z., Okra, R., Khairuddin, K., & Antoni Musril, H. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Canva Di Sma Negeri 4 Pariaman. Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6). Https://Doi.Org/10.36040/Jati.V7i6.7830

Yulifa, E., Siska Pramasdyahsari, A., Suneki, S., & Sijamtini, N. (2023). Efektivitas Model Pbl Berbantuan Canva Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iii. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(2). Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i2.1010

Zakaria, A. B., & Kusmiyati. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1). Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V11i1.2095

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Faricha, R., Atiqoh, A., & Hartono, H. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR ANIMASI SENI BUDAYA KERAJINAN DAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD YPPI-IV SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2747–2757. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41701

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.