ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BANGUN RUANG SEGIEMPAT BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40924Keywords:
Kesalahan Siswa, Bangun Datar Segiempat, Newman’s Error Analysis (NEA), Analisis Kesalahan, Pembelajaran Matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun datar segiempat berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E di SMP Negeri 37 Medan. Data diperoleh melalui test tertulis kemudian dianalisis berdasarkan lima tahap kesalahan menurut Newman, yaitu kesalahan membaca, kesalaham memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan memahami soal merupakan jenis kesalahan yang paling dominan, diikuti oleh kesalahan menulis jawaban. Faktor-faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya pemahaman konsep, kurang teliti dalam membaca soal, dan kemampuan pemecahan masalah yang rendah. Penelitian ini merekomendasikan strategi pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan pendekatan scaffolding untuk membantu siswa meminimalkan kesalahan dalam pembelajaran matematika.References
Amelia Safitri, F., Sugiarti, T., & Fajar Surya Hutama, dan. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). In JPK (Vol. 5, Issue 1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Dwidarti, U., Lygia Mampouw, H., & Setyadi, D. (2019). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 03(02), 315–322. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/110/86
Hoff, H., Döll, P., Fader, M., Gerten, D., Hauser, S., & Siebert, S. (2013). Water footprints of cities – indicators for sustainable consumption and production. https://doi.org/10.5194/hessd-10-2601-2013
Khawarizmi, A., Pendidikan, J., Matematika, P., Diklat, K. B., & Aceh, K. (2017). PENDIDIKAN MATEMATIKA DI SEKOLAH KITA. 1(1).
Maidiyah, E. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/lenterasriwijaya/article/view/9707/pdf
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Putri, F. I., & Murtiyasa, B. (2024). Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 621–633. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2398
Putri, M. S., & Fuadiah, N. F. (2019). IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Vol. 4, Issue 1). Bulan Juni. http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme
Rahmawati, S., Analisis, F. :, Dalam, K., Soal, M., Matematika, C., Newman│halaman, B., & Fitriatien, S. R. (n.d.). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). Retrieved November 21, 2024, from https://core.ac.uk/download/pdf/234023759.pdf
Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar berdasarkan Newman’ s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42-49. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/18465/9305
Sartika, S. A. E., Suharta, I. G. P., & Astawa, I. W. P. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(1). https://doi.org/10.23887/jppmi.v13i1.3428
Susanti, S. (2019). Newman Procedure dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.283
Syahla Kamila, N., Galih Adirakasiwi, A., Singaperbangsa Karawang, U., HSRonggo Waluyo, J., Telukjambe Timur, K., Karawang, K., & Barat, J. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PROSEDUR POLYA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.749-754
Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jsc/article/view/7764/5253
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rohmendena S.P Manik, Angel S. Rumapea, Asni Silitonga, Kms M. Amin Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.