ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BANGUN RUANG SEGIEMPAT BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA)

Authors

  • Rohmendena S.P Manik Universitas Negeri Medan
  • Angel S. Rumapea Universitas Negeri Medan
  • Asni Silitonga Universitas Negeri Medan
  • Kms M. Amin Fauzi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40924

Keywords:

Kesalahan Siswa, Bangun Datar Segiempat, Newman’s Error Analysis (NEA), Analisis Kesalahan, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun datar segiempat berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E di SMP Negeri 37 Medan. Data diperoleh melalui test tertulis kemudian dianalisis berdasarkan lima tahap kesalahan menurut Newman, yaitu kesalahan membaca, kesalaham memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan memahami soal merupakan jenis kesalahan yang paling dominan, diikuti oleh kesalahan menulis jawaban. Faktor-faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya pemahaman konsep, kurang teliti dalam membaca soal, dan kemampuan pemecahan masalah yang rendah. Penelitian ini merekomendasikan strategi pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan pendekatan scaffolding untuk membantu siswa meminimalkan kesalahan dalam pembelajaran matematika.

References

Amelia Safitri, F., Sugiarti, T., & Fajar Surya Hutama, dan. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). In JPK (Vol. 5, Issue 1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Dwidarti, U., Lygia Mampouw, H., & Setyadi, D. (2019). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 03(02), 315–322. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/110/86

Hoff, H., Döll, P., Fader, M., Gerten, D., Hauser, S., & Siebert, S. (2013). Water footprints of cities – indicators for sustainable consumption and production. https://doi.org/10.5194/hessd-10-2601-2013

Khawarizmi, A., Pendidikan, J., Matematika, P., Diklat, K. B., & Aceh, K. (2017). PENDIDIKAN MATEMATIKA DI SEKOLAH KITA. 1(1).

Maidiyah, E. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/lenterasriwijaya/article/view/9707/pdf

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Putri, F. I., & Murtiyasa, B. (2024). Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 621–633. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2398

Putri, M. S., & Fuadiah, N. F. (2019). IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Vol. 4, Issue 1). Bulan Juni. http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme

Rahmawati, S., Analisis, F. :, Dalam, K., Soal, M., Matematika, C., Newman│halaman, B., & Fitriatien, S. R. (n.d.). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). Retrieved November 21, 2024, from https://core.ac.uk/download/pdf/234023759.pdf

Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar berdasarkan Newman’ s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42-49. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/18465/9305

Sartika, S. A. E., Suharta, I. G. P., & Astawa, I. W. P. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(1). https://doi.org/10.23887/jppmi.v13i1.3428

Susanti, S. (2019). Newman Procedure dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.283

Syahla Kamila, N., Galih Adirakasiwi, A., Singaperbangsa Karawang, U., HSRonggo Waluyo, J., Telukjambe Timur, K., Karawang, K., & Barat, J. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PROSEDUR POLYA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.749-754

Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jsc/article/view/7764/5253

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Manik, R. S., Rumapea, A. S., Silitonga, A., & Fauzi, K. M. A. (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BANGUN RUANG SEGIEMPAT BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18779–18785. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40924

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.