PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG EFEKTIF DALAM KOMUNIKASI ILMIAH DI KELAS BIOLOGI SMA

Authors

  • Aina Mardiah Dalimunthe Universitas Negeri Medan
  • Dhea Amelia Manurung Universitas Negeri Medan
  • Diska Qolbu Mutia Universitas Negeri Medan
  • Melfa Romana Elisabet Universitas Negeri Medan
  • Sinta Wulida Mustasfa Universitas Negeri Medan
  • Siska Juliana Baringbing Universitas Negeri Medan
  • Syairal Fahmy Dalimunthe Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44294

Keywords:

Penggunaan Bahasa, Komunikasi, Kaidah Bahasa

Abstract

Penerapan bahasa Indonesia secara tepat memiliki dampak signifikan terhadap efektivitas komunikasi dalam berbagai konteks. Pada situasi resmi, ketepatan berbahasa Indonesia menjadi hal yang diutamakan, dengan mengacu pada aturan bahasa standar. Kalimat sebagai satuan bahasa terkecil, mampu menyampaikan pikiran secara utuh dan mengungkapkan informasi secara lengkap. Kalimat dapat berupa kata atau rangkaian kata yang berdiri sendiri dan menyampaikan makna yang jelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur melalui kajian pustaka dari beberapa jurnal yang telah ada sebelumnya. Diharapkan, penelitian deskriptif ini dapat meningkatkan kesadaran pembaca akan pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada. Kajian ini berfokus pada peran penting bahasa Indonesia dalam komunikasi ilmiah di lingkungan pembelajaran Biologi SMA. Tujuan penelitian adalah menganalisis bagaimana bahasa Indonesia dimanfaatkan untuk menyampaikan konsep-konsep ilmiah, serta mengidentifikasi beragam faktor yang mempengaruhi keberhasilan komunikasi bisnis dengan bahasa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis penggunaan bahasa Indonesia dalam pembelajaran Biologi di tingkat SMA.

References

Agriani Siahaan, A., Febrina Sinaga, M., Hadiyansyah Nasution, W., & Febriana, I. (2024). Peran Bahasa Indonesia Dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi Dan Membaca Di Jurusan Biologi. Jurnal Biologi, 1, 1–9.

Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Generasi Milenial Di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 247–251.

Hamidah I. & Lesy, L. (2022). Keterampilan Komunikasi Verbal Calon Guru Biologi Melalui Pembelajaran Jarak Jauh. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 8(1), 90-96

Sinaga, Y.D. (2024). Penerapan Bahasa Indonesia Baku dalam Mempelajari Biologi di Tingkat Universitas : Studi Kasus di Universitas Negeri Medan. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni (JISHS). 2(3), 417-423

Wardani, I. & Roni, S. (2024). BAHASA INDONESIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI YANG EFEKTIF. JIIC : JURNAL INTELEK INSAN CENDEKIA. 1(10)

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Dalimunthe, A. M., Manurung, D. A., Mutia, D. Q., Elisabet, M. R., Mustasfa, S. W., Baringbing, S. J., & Dalimunthe, S. F. (2025). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG EFEKTIF DALAM KOMUNIKASI ILMIAH DI KELAS BIOLOGI SMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 3913–3917. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44294

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)