HUBUNGAN KECEMASAN MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 1 KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39141Keywords:
Kecemasan Matematika, Motivasi Belajar, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara kecemasan matematika dan motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Serang. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Serang sebanyak 515 siswa dengan sampel sebanyak 84 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas), uji korelasi linear, dan uji korelasi ganda. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecemasan matematika dan motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Serang.References
Abnisa, A. P. (2020). Konsep Motivasi Pembelajaran. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(02), 124–142.
Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–10.
Annisa, D. F., & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93.
Apriani. (2021). Hubungan Antara Kecemasan Belajar, Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Selama Study From Home di SMK Negeri 1 Bantaeng.
Apriani, Aryani, F., & Saman, A. (2021). Hubungan Antara Kecemasan Belajar , Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Selama Study From Home Di Kabupaten Bantaeng. Pinisi Journal of Education, 1(2), 92–103.
Apriyanti, Y., Lorita, E., & Yusuarsono. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Professional FIS UNIVED, 6(1).
Araniri, N. (2018). Kompetensi Profesional Guru Agama Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1, March), 75–83.
Aryanti, A. D. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Era Mulia Abadi Sejahtera. E-QIEN?: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(4).
Astiati, S. D. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kecemasan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1294–1302.
Baranek, L. K. (1996). The Effect of Rewards and Motivation on Student Achievement.
Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects Of Mathematics Anxiety In Pre-service Teacher Education. In AARE 2011 Conference Proceedings. Australian Association for Research in Education.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(1).
Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (M. S. Dr. H. Ilyas Ismail, M.Pd. (ed.); Issue 1). Gunadarma Ilmu.
Jabnabillah, F., & Magina, N. (2022). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14–18.
Joseph, M. C. (2017). Penerapan Terapi Penerimaan dan Komitmen Untuk Mengurangi Kecemasan Pada Narapidana Menjelang Pembebasan Bersyarat di Lapas X. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 239–247.
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75.
Lisma, E, Rahmadhani, R., & Siregar, M. A. P. (2019). Pengaruh Kecemasan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2).
Lisma, Eryanti. (2019). Pengaruh Kecemasan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional & Expo II Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1007–1016.
Lisma, Eryanti, Rahmadhani, & Siregar, M. A. P. (2019). Pengaruh Kecemasan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa.
Munasiah. (2015). Pengaruh kecemasan belajar dan pemahaman konsep matematika siswa terhadap kemampuan penalaran matematika. Jurnal Formatif, 5(3), 220–232.
Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian (Gramasurya (ed.)). Sibuku Media.
Omar, R. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Pelajar Bermasalah Disiplin Di Sebuah Sekolah Menengah (Relationship Between Students ’ Motivation and Interest in Learning Discipline Problems in Secondary School). Jurnal Dunia Pendidikan, 4(3), 288–302.
Prahmadita, A. D. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Mengikuti Ekstrakulikuler Drumband di SMP Negeri 1 Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.
Priadana, S., & Sanusi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Putri, F. P., Nugroho, A. A., & Utami, R. E. (2022). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa yang Diterapkan pada School from Home (SFH). Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 355–362. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i4.10856
Rahmi, I., Nurmalina, & Moh. Fauziddin. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197–206.
Ramda, A. H., & Gunur, B. (2021). Hubungan Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 130–140.
Sholihah, F. I. (2019). Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Ips 2 Sman 12 Surabaya. Journal Pendidikan Sejarah, 5(3), 1138–1150.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43.
Siregar, R. R., & Panjaitan, D. J. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa Tingkat SMA/Sederajat Pada Masa Pandemi di Kabupaten Padang Lawas. Jurnal MathEducation …. http://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/281
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Solikah, M. (2012). Pengaruh kecemasan siswa pada matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 1(1), 1–8.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyadi. (2003). Hasil Belajar Matematika: Studi Korelasi Antara Konsep Diri, Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas V. Jakarta?: Thesis UNJ.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.
Susanto, H. P. (2016). Analisis hubungan kecemasan , aktivitas , dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika siswa. 9(2), 134–147.
Syaharani, N. A., Permata, S. D., & Rahmawati, A. D. (2023). Hubungan Kecemasan Matematika dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Gendingan 1. Global Education Journal, 1(4), 277–285.
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 2(3), 43–56.
Syardiansyah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen ( Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II ). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 440–448.
Titaley, M. M. S. L. M. S. H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439.
Tohidi, H., & Jabbari, M. M. (2012). The effects of motivation in education. Procedia-Social and Behavorial Sciences, 31(2011), 820–824.
Wingkel, W. . (1996). Psikologi Sosial. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suci Nurseptiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.