ANALISIS PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE PADA KALANGAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MEDAN AREA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38662Keywords:
Belanja Online, E-Commerce, Mahasiswa, Shopee PaylaterAbstract
Layanan seperti SPayLater memberikan kemudahan bertransaksi tanpa perlu kartu kredit atau akses ke perbankan konvensional, yang menarik bagi mahasiswa. Namun, kemudahan ini juga membawa risiko, seperti potensi perilaku konsumtif dan peningkatan beban utang jika tidak dikelola dengan bijak. Mengingat rendahnya literasi keuangan di kalangan mahasiswa, penting untuk mengeksplorasi dampak dari penggunaan layanan kredit digital agar para mahasiswa dapat menghindari masalah finansial di masa depan? Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan layanan kredit online SPayLater terhadap minat belanja online mahasiswa di Universitas Medan Area. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pupulasi 88 surver terhadap 50 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling pada mahasiswa Universitas Medan Area khususnya Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis angkatan 2022. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa faktor utama yang mendorong minat penggunaan SPayLater di kalangan mahasiswa adalah fleksibilitas pembayaran cicilan, dengan persentase sebesar 34% dari total responden. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa merasa terbantu dengan kemudahan pembayaran bertahap. Selain itu, sekitar 71,4% responden mengaku bahwa penggunaan SPayLater meningkatkan ketertarikan mereka untuk berbelanja online. Namun, kemudahan ini juga membawa risiko berupa potensi perilaku konsumtif dan peningkatan beban utang jika tidak dikelola dengan baik.References
Bank Indonesia. (2022). “Transformassi Digital dalam Sistem Pembayaran Indonesia.”
Darmawan , E. S. (2022) Shopee jadi e-commerce yang paling banyak digunakan tahun 2022. https://money.kompas.com/read/2022/01/31/204500426/hasil-riset-ipsos
Dias Kanserina, & Jurusan Pendidikan Ekonomi, F. E. dan B. U. P. G. S. (2015). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 1, 1.
E.DOT. (n.d.). (2024) E-commer dengan Pengunjung terbanyak di Indonesia pada awal 2024. https://edot.id/articles/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-di-indonesia-pada-awal-2024-siapa-juaranya
Euis Audria Sari, Ifa Latifah, M. A. A. (2023). IJM?: Indonesian Journal of Multidisciplinary Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(1), 387–400. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/144%0Ahttps://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/download/144/93
Kartika, L. (2023). Dampak Ekonomi Penggunaan Layanan BNPL di Kalangan Mahasiswa. Ekonomi.
Mayasari dan Patmawati. (2019). “Pengaruh Iklan Internet, Celebrity, Endorder, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Shopee Di Kota Padang.” Manajemen Dan Kewirausahaan.
Peraturan Jasa Otoritas Keuangan. (2023) Literasi Keuangan dan Tantangan Generasi Muda dalam Menggunakan Layanan Kredit Digital.
Prof. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta (ed.)).
Rosalina, D., Yuliari, K., & Zati, M. R. (2023). Student Preferences for Financial Technology Digital Payment Services. Ekonika?: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 8(2), 429–447. https://doi.org/10.30737/ekonika.v8i2.4901
Shopee Indonesia. (2023) Layanan Shopee Paylater
Sitorus, E., dan Yustika, A. E. (2020). “Penggunaan Fitur Shopee Paylater Dalam Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian Di Rokan Hulu Riau.” Ekonomi Dan Bisnis, 01, 45–46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cinta Dwi Amanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.