PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MENGGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF YOUTUBE DAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLDV

Authors

  • Khaerunnisa Khaerunnisa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Aulia Ulpa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Magfirah Magfirah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Alim Syahri Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38608

Keywords:

Problem Based Learning, Media Interaktif Youtube dan Quizizz, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media interaktif youtube dan Quizizz pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas IX SMP Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek yang menerima tindakan adalah peserta didik kelas IX G SMP Negeri 1 Sungguminasa sebanyak 36 peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes. Dan dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi SPLDV. Terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada siklus satu, namun peningkatan tersebut belum mencapai indikator keberhasilan penelitian sehingga tindakan dilanjutkan di siklus 2. Pada siklus 2, terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dan sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Hal ini dapat dilihat pada persentase ketuntasan belajar klasikal yang semula pada siklus I mencapai 66,67% (24 peserta didik tuntas) menjadi 94,44% pada siklus II (34 peserta didik tuntas). Simpulan, model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX G SMP Negeri 1 Sungguminasa.

References

Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10289

Amin, Y.F., Saputra, H.J., Maryati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sd Negeri 1 Jeketro. Retrieved from upgris.ac.id: https://www.bing.com/search?q=jurnal+Penerapan+Model+Pembelajaran+PBL+dengan+Mengggunakan+Media+Interaktif+Youtube+dan+Quizizz+Untuk+Meningkatkan+Hasil+Belajar+Peserta+Didik+Pada+Materi+SPLDV&form=ANNTH1&refig=0e3a7f1d7c204798ab40de973596eccf&pc=U531

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Baid, N., Hulukati, E., Usman, K dan Zakiyah. S (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial,Euler J. Ilm. Mat. Sains dan Teknol., vol. 10, no. 2, pp. 164-172, Dec. 2022, doi:10.34312/euler.v10i2.16342

Elfa, G. D. (2022). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4), 151–160. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Fahmi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Indramayu: Adab

Fanani, M. Z., Rahmawati, N. R., & Khotimah, H. (2023). Analysis of The Establishment of Student Discipline Character in Online and Offline Learning in Class II SD Plus Sunan Ampel, Kediri City. PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY, 1(1). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/6005

Faridatunnisa, S., Subekti E.E., Subekti, Mushafanah, Q. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 5 No. 9, Agustus 2024.

Fitri, R., Mustika, H., dan Aprilian, I. F. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MA. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika., vol. 5, no. 1, pp. 79-91, 2022, doi: https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/5126

Juliantini, N.K. (2022). Besarnya Pengaruh Era Digital Terhadap Dunia Pendidikan Khususnya di Indonesia. Retrieved from researchgate.net: https://www.researchgate.net/publication/365851312_BESARNYA_PENGARUH_ERA_DIGITAL_TERHADAP_DUNIA_PENDIDIKAN_KHUSUSNYA_DI_INDONESIA

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150

Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162 5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4 i4.3128

Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, PRISMA 5 (2022): 50-54

Marwiyah, A. Alauddin, dan M. K. Ummah. (2018). Perencanaan pembelajaran kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013, Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2018.

Meida, S.N., Sunata. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Retrieved from repository.unpas.ac.id: http://repository.unpas.ac.id/64393/1/PTK_SHILVIA%20NUR%20MEIDA_FIX.pdf

Nisa, S. K., Fajerie, N., & Surachmi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keberagaman KarakteristikmIndividu Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SD Negeri Glonggong. 9(2), 520–534. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3671/2645

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Panie, H., Kolo, G., Ndoluanak, D. E., Taebenu, N. N., & Naitili, C. A. (2023). Nti Korupsi Dalam Mewujudkan Di SG GMIT Kolhua Kota Kupang. 3, 13–16. https://ojs.cbn.ac.id/index.php/pemimpin/article/view/421/289

Purba, L. S. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDP. 12(1) : 29

Rabbani, D.A., Najicha, F.U. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Kehidupan dan

Interaksi Sosial Masyarakat Indonesia. Retrieved from researchgate.net: https://www.researchgate.net/publication/375525102_Pengaruh_Perkembangan_Teknologi_terhadap_Kehidupan_dan_Interaksi_Sosial_Masyarakat_Indonesia

Rasyidin, M.U., Rozzana, A.G., Brimannisa, F., Mahardika, M.I., Mahmud, Z.S.E., Ramli, M. (2024). Peran Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(3), 2024

Santika, I., Parwati, N. N., & Divayana, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 105–117. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3397

Sriwati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Indonesian Journal of Educational Development., vol. 2, no. 2, pp. 302-313, Aug. 2021, doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.5244635.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukmawarti, H. Hidayat, and O. Liliani. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK)., vol. 4, no. 4, pp. 886–894, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5345

Susanti, M.D. (2022). Penggunaan Media Monopoli Dalam Pembelajaran IPS di Tema 5 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Serang 07. Retrieved from repository.upi.edu: https://repository.upi.edu/73197/

Tampa, A., Ja’faruddin, & Firdaus, A. M. (2023). Menggali Kearifan Ki Hajar Dewantara?: Relevansi Pemikiran dalam Transformasi Pendidikan Abad-21. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2023, 316–334.

Yudha, O.A., Rosmaiyadi, R. Nurhayati, N., (2019) Pengaruh Model MEA dengan Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Kelas VII. Journal of Educational Review and Research 2 (1), 46-54

Zebua, Y., Zagoto,M.M., &Dakhi, O. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 5(1), 872-881. file:///C:/Users/lenovo/Downloads/3048-Article%20Text-11897-1-10-20230125.pdf

Zila, N.F., Mesiono, Lubis M.S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI MATERI SPLDV KELAS VII. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2. No.3, https://yana.web.id/index.php/relevan

Zu’ma, A. R. (2023). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Layanan Bimbingan Konseling dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 3250–3256

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Khaerunnisa, K., Ulpa, N. A., Magfirah, M., & Syahri , A. A. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MENGGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF YOUTUBE DAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLDV. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17157–17167. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38608

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.