PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN MENGGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF YOUTUBE DAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38608Keywords:
Problem Based Learning, Media Interaktif Youtube dan Quizizz, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media interaktif youtube dan Quizizz pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas IX SMP Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek yang menerima tindakan adalah peserta didik kelas IX G SMP Negeri 1 Sungguminasa sebanyak 36 peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes. Dan dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi SPLDV. Terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada siklus satu, namun peningkatan tersebut belum mencapai indikator keberhasilan penelitian sehingga tindakan dilanjutkan di siklus 2. Pada siklus 2, terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dan sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Hal ini dapat dilihat pada persentase ketuntasan belajar klasikal yang semula pada siklus I mencapai 66,67% (24 peserta didik tuntas) menjadi 94,44% pada siklus II (34 peserta didik tuntas). Simpulan, model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX G SMP Negeri 1 Sungguminasa.References
Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10289
Amin, Y.F., Saputra, H.J., Maryati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sd Negeri 1 Jeketro. Retrieved from upgris.ac.id: https://www.bing.com/search?q=jurnal+Penerapan+Model+Pembelajaran+PBL+dengan+Mengggunakan+Media+Interaktif+Youtube+dan+Quizizz+Untuk+Meningkatkan+Hasil+Belajar+Peserta+Didik+Pada+Materi+SPLDV&form=ANNTH1&refig=0e3a7f1d7c204798ab40de973596eccf&pc=U531
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Baid, N., Hulukati, E., Usman, K dan Zakiyah. S (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial,Euler J. Ilm. Mat. Sains dan Teknol., vol. 10, no. 2, pp. 164-172, Dec. 2022, doi:10.34312/euler.v10i2.16342
Elfa, G. D. (2022). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4), 151–160. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Fahmi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Indramayu: Adab
Fanani, M. Z., Rahmawati, N. R., & Khotimah, H. (2023). Analysis of The Establishment of Student Discipline Character in Online and Offline Learning in Class II SD Plus Sunan Ampel, Kediri City. PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY, 1(1). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/6005
Faridatunnisa, S., Subekti E.E., Subekti, Mushafanah, Q. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 5 No. 9, Agustus 2024.
Fitri, R., Mustika, H., dan Aprilian, I. F. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MA. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika., vol. 5, no. 1, pp. 79-91, 2022, doi: https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/5126
Juliantini, N.K. (2022). Besarnya Pengaruh Era Digital Terhadap Dunia Pendidikan Khususnya di Indonesia. Retrieved from researchgate.net: https://www.researchgate.net/publication/365851312_BESARNYA_PENGARUH_ERA_DIGITAL_TERHADAP_DUNIA_PENDIDIKAN_KHUSUSNYA_DI_INDONESIA
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150
Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162 5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4 i4.3128
Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, PRISMA 5 (2022): 50-54
Marwiyah, A. Alauddin, dan M. K. Ummah. (2018). Perencanaan pembelajaran kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013, Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2018.
Meida, S.N., Sunata. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Retrieved from repository.unpas.ac.id: http://repository.unpas.ac.id/64393/1/PTK_SHILVIA%20NUR%20MEIDA_FIX.pdf
Nisa, S. K., Fajerie, N., & Surachmi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keberagaman KarakteristikmIndividu Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SD Negeri Glonggong. 9(2), 520–534. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3671/2645
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Panie, H., Kolo, G., Ndoluanak, D. E., Taebenu, N. N., & Naitili, C. A. (2023). Nti Korupsi Dalam Mewujudkan Di SG GMIT Kolhua Kota Kupang. 3, 13–16. https://ojs.cbn.ac.id/index.php/pemimpin/article/view/421/289
Purba, L. S. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDP. 12(1) : 29
Rabbani, D.A., Najicha, F.U. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Kehidupan dan
Interaksi Sosial Masyarakat Indonesia. Retrieved from researchgate.net: https://www.researchgate.net/publication/375525102_Pengaruh_Perkembangan_Teknologi_terhadap_Kehidupan_dan_Interaksi_Sosial_Masyarakat_Indonesia
Rasyidin, M.U., Rozzana, A.G., Brimannisa, F., Mahardika, M.I., Mahmud, Z.S.E., Ramli, M. (2024). Peran Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(3), 2024
Santika, I., Parwati, N. N., & Divayana, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 105–117. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3397
Sriwati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Indonesian Journal of Educational Development., vol. 2, no. 2, pp. 302-313, Aug. 2021, doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.5244635.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukmawarti, H. Hidayat, and O. Liliani. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK)., vol. 4, no. 4, pp. 886–894, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5345
Susanti, M.D. (2022). Penggunaan Media Monopoli Dalam Pembelajaran IPS di Tema 5 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Serang 07. Retrieved from repository.upi.edu: https://repository.upi.edu/73197/
Tampa, A., Ja’faruddin, & Firdaus, A. M. (2023). Menggali Kearifan Ki Hajar Dewantara?: Relevansi Pemikiran dalam Transformasi Pendidikan Abad-21. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2023, 316–334.
Yudha, O.A., Rosmaiyadi, R. Nurhayati, N., (2019) Pengaruh Model MEA dengan Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Kelas VII. Journal of Educational Review and Research 2 (1), 46-54
Zebua, Y., Zagoto,M.M., &Dakhi, O. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 5(1), 872-881. file:///C:/Users/lenovo/Downloads/3048-Article%20Text-11897-1-10-20230125.pdf
Zila, N.F., Mesiono, Lubis M.S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI MATERI SPLDV KELAS VII. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2. No.3, https://yana.web.id/index.php/relevan
Zu’ma, A. R. (2023). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Layanan Bimbingan Konseling dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 3250–3256
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khaerunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.