PENGARUH PERMAINAN KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK HASHINAH PADANG

Authors

  • Zalfa Jihan Aqillah Universitas Negeri Padang
  • Novilia Berliani Universitas Negeri Padang
  • Nabiella Annaejla Universitas Negeri Padang
  • Agil Indria Labora Universitas Negeri Padang
  • Aidil Rizki Universitas Negeri Padang
  • Widya Maharani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38379

Keywords:

Perkembangan Sosial Emosional, Permainan Kooperatif, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan kooperatif dalam meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak usia dini di TK Hashinah, Padang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan pretest-posttest pada satu kelompok. Sampel penelitian terdiri dari 16 anak. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis statistik menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam perkembangan sosial-emosional anak setelah intervensi bermain kooperatif, dengan skor pretest rata-rata meningkat dari 22,63 menjadi 42,27 pada posttest. Uji statistik menghasilkan nilai p 0,003, yang menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dari permainan kooperatif terhadap perkembangan sosial-emosional anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan kooperatif efektif dalam merangsang keterampilan sosial dan kontrol emosional pada anak usia dini.

References

AM, I. H., Muazzomi, N., & Harianja, S. I. (2024). Pengaruh Permainan Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak TK B di TK/RA AM-Mentari Kota Jambi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 420-424.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Pilar, 14(1), 15-31.

Astari, T., Aisyah, S. N., & Sari, D. A. (2020). Tanggapan Guru PAUD Tentang Pemberian Reward Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 141-155.

BAROKAH, K. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Ular Naga Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Baiti Jannati, Kecamatan Tangkerang Barat Kota Pekanbaru. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Fitria, F., Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2020). Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 123-132.

Hafidzah, N. N. (2024). Pengembangan Guide Book Pada Permainan Tradisional Ular Naga Dalam Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini. (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

HELIMSAH AM, I. N. T. A. N. (2023). Pengaruh Permainan Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak TK B di TK/Ra AM-Mentari Kota Jambi. (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Hijriati, D. (2011). Faktor dan kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Ar-Raniry, 5, 94-102.

Huwaina, I. (2018). Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak Assalam I Sukarame Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

KHOLIFAH, A., & DINI, P. I. A. U. (n.d.). Pengembangan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Aktivitas Bermain Kooperatif di TK Himawari Tahun.

Nurjanah, N., & Rahmayanti, S. D. (2023). Desain Permainan Kooperatif untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Wacadesain, 4(1), 28-36.

Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96-105.

Saputri, W. M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Kooperatif di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Muara Tembesi Tahun 2019/2020. (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Setiawan, M. H. Y. (2016). Permainan Kooperatif dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 1(1).

Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156-171.

Wahyuni, A., & Sari, N. F. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Make A Match pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6961-6969.

Wardany, M. P., & Jaya, M. T. S. (2017). Aktivitas Bermain Kooperatif Meningkatkan Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).

Downloads

Published

2024-11-27

How to Cite

Aqillah, Z. J. ., Berliani, N. ., Annaejla, N. ., Labora, A. I. ., Rizki, A. ., & Maharani, W. . (2024). PENGARUH PERMAINAN KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK HASHINAH PADANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16830–16835. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38379

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.