THE APPLICATION OF THINK-PAIR-SHARE TECHNIQUE AND STUDENTS’ ATTITUDE ON STUDENTS’ SPEAKING SKILL

Authors

  • Rizqa Zidnia Universitas Muhammadiyah DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37203

Keywords:

Think-Pair-Share, Attitude, Teaching.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menelusuri pengaplikasian dari think-pair-share dan sikap siswa pada keterampilan berbicara siswa; (2) untuk menelusuri beberapa manfaat dari think-pair-share dan sikap siswa dalam keterlibatannya pada keterampilan berbicara; dan (3) untuk menelusuri persepsi siswa yang berkaitan dengan pengaplikasian think-pair-share dan sikap siswa pada keterampilan berbicara siswa. Penemuan pertama dalam penelitian ini berkaitan dengan pengaplikasian dari think-pair-share dalam pengajaran berbicara. Teknik think-pair-share yang digunakan dalam pengajaran berbicara mengikuti beberapa prosedur sebagai berikut: para siswa diminta untuk berpasangan sebelum mengaplikasikan teknik, memberi isyarat untuk mendengarkan dan memberikan suatu pertanyaan, memberikan isyarat untuk berpikir, kemudian memberikan sinyal untuk berpasangan, dan terakhir memberikan isyarat untuk berbagi. Penemuan kedua mengindikasikan adanya beberapa manfaat dari pengaplikasian think-pair-share seperti keterlibatannya dalam praktik dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa, memaparkan para siswa dengan pelafalan yang baik dalam Bahasa Inggris, dan memperkuat kepercayaan diri dalam berkomunikasi. Penemuan terakhir dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaaan think-pair-share dalam pengajaran berbicara menunjukkan adanya sikap positif dan negatif siswa. Bagi siswa yang memiliki sikap positif menyatakan bahwa teknik yang digunakan seru, menyenangkan, dan mendorong motivasi belajar. Sementara bagi para siswa yang memiliki sikap negatif berhubungan dengan kurangnya perbendaharaan kata-kata dan keterbatasan waktu.  

References

Bachman, F. Lyle. 2004. Statistical Analyses for Language Assessment, Cambridge: Cambridge University Press

Barkley, F. Elizabeth et al. 2010. Collaborative Learning Techniques. Jossey-Bass.

Best, W. John. 1977. Research in Education. Third Education.

Bouchard, Margaret. 2005. Comprehension Strategies for English Language Learners. NY: Scholastic Inc.

D. P. Harris. 1974. Testing English as a Second Language. Newyork : McGraw Hill Book Company

Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment Principles and Classroom Practice, New York: Pearson Education.

Gardner, R. C. 1985. Social psychology and second language learning. The role of attitude and motivation. London; Edward Arnold.

Julian and Garton. 2009. From Experience to Knowledge in English Language Teaching. Oxford : Oxford University Press.

Lewis, R Aiken. 1999. Personality Assessment Method and Practice. USA : Hogrefe & Huber Publisher.

Nunan, David. 1991. Research Methods in Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Nunan, David. 1999. Second Language Teaching and Learning. Boston.

Richards, J. C. and Renandya. 2002. Methodology in Language Teaching. An Anthology of Current Practice. Cambridge University Press.

Risnawati. 2013. The Effect of Using Think-Pair-Share Technique in Increasing Students Speaking Ability on Descriptive Text.

Roswati et al. 2014. Journal English Language Teaching (ELT) volume 2 no.1. Improving Students’ Speaking Skill by Using Think-Pair-Share Strategy.

Sampsel, Ariana. 2013. Finding The Effect of Think-Pair-Share on Students Confidence and Participation.

S, Wilson. 1983. Living English Structure. London : Longman.

Toomnan, Parichart. 2015. Vol. 5. P 1151. The Impacts of Attitude towards Speaking English on the Use of Communication Strategies by English Majors in Thailand.

Zeinivand, Tayebeh et al. 2015. The Relationship Between Attitude and Speaking Proficiency of Iranian EFL Learners : The Case of Darresher.

Downloads

Published

2024-11-09

How to Cite

Zidnia, R. . (2024). THE APPLICATION OF THINK-PAIR-SHARE TECHNIQUE AND STUDENTS’ ATTITUDE ON STUDENTS’ SPEAKING SKILL . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16135–16141. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37203