PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PASAR KELAS X SMA PGRI LARANTUKA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Maria Anita Titu Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Bernadus Bin Frans Resi Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Robertus Sira Liwun Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Maria Anastasia Letek Wulogini Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka
  • Maria Elisabet Sasa Koten Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26558

Keywords:

k Pair Share, Visual , Hasil Belajar, Materi Pasar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dari hasil belajar materi pasar pada siswa kelas X IPS SMA PGRI LARANTUKA dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair share dan media visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA PGRI LARANTUKA yang berjumlah 8 siswa. Data dan sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Think Pair Share dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan kualitas siswa dikelas X IPS SMA PGRI LARANTUKA tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian indicator dalam lembar pengamatan kualitas siswa. Pada siklus 1 rata-rata ketercapaian sebesar 62,40 % dan pada siklus ke 2 rata-rata kreativitas siswa meningkat menjadi 50% perolehan ini telah melampaui target yang telah ditentukan yaitu 70%. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan kualitas proses hasil belajar materi Pasar pada siswa kelas X IPS SMA PGRI LARANTUKA tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai hasil tes kognitif, pada siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 79,88 % dan pada siklus 2 meningkat menjadi 71,67% . Perolehan ini telah melampaui target yang telah ditetapkan yaitu 65%. Dalam model pembelajaran Think Pair Share peserta didik terdorong lebih aktiv dalam belajar. Guru hanya sebagai fasilitator dan evaluator produk hasil kerja peserta didik yang tampilkan dalam hasil proyek. Adanya produk nyata tersebut dapat mendorong kreativitas  siswa. Makalah ini bertujuan penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kualitas proses hasil belajar materi pasar pada siswa kelas X IPS SMA PGRI LARANTUKA tahun pelajaran 2023/2024.

References

Alfanagara, A., & Nurmilah, R. (2023). Penerapan Pembelajarn Think pair Share (Tps) Berbantun Aplikasi Microsoft Mathematics Pada Siswa Smk Kusuma Negara Mojoagung. Edumath, 15(2), 42-47.

Astuti,A. S., Kristiani, K., & Sudarno, S. (2023) Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Animasi Terhadap hasil Belajar Siswa DiTinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas IX SMA Negri MOjolaban Pada pembelajaran Ekonomi, Journal on Education, 5(4), 11862-11875

Arikunto, S (2015) . Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta Bumi Aksara

Dani Firmansya, (2020) pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar terhadap Hasil belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika

Departemen pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Repoblik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem pendidikan Nasional

Dewi, N. K. T. k, Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2019) Pengaruh Model pembelajaran Picture and picture Berbantuan Media Visual Terhadap keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4)

Fanani, A., Sulistyowati, I., Kusmaarti, D., Wulandari, IA, & Saputri, WE (2022). Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif Dan Literasi Visual Dalam Pembelajaran TPS Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Ketabang Surabaya. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 3 (2), 97-103.

Fauzi, M, A, (2016). Penerapan Teknik Think pair Share Dengan media Visual Dalam Peningkatan Keyterampilan Berbahasa Krama Di Kelas 3 Sekolah Dasar. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4 ( 6.1)

Hepiyani, H. (2022). Penerapan Metode Think Pair Share Dan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pai Kelas VI Sdn 2 Dahirang . Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2(2).

Hidayah, NHN, Yulianti, S., Puspita, L., & Haka, NB (2022). Analisis Kemampuan Representasi Visual Melalui Model Pembelajaran TPS: (Analisis Kemampuan Representasi Visual Melalui Model Pembelajaran TPS). BIODIK , 8 (3), 173-181.

Handayani, R. D., &Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap hasil Belajar Pkn siswa Di Kelas IV MI terpadu Mohamadya sukarame Bandar Lampung. I terampil: Journal pendidikan Dan pembelajaran dasar, 4(2) 107-123.

Kalsum, U. (2022). Penerapan Pembelajaran Tipe Thunk Pair Share Dengan Media Model sel Dari Bahan Clay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswan Pada Materi Struktur Sel. Journal of Education Action Research, 6(1).

Khoriyani, RP, & Suhendra, M. (2022). Meningkatkan kemampuan Spasaial Siswa dengan Pembelajaran melalui Media Visual Jurnal Pendidikan: Penelitian Umum dan Khusus, 2 (3), 479-487.Penerapan Teknik Think Pair Share Dengan Media Visual Dalam Peningkatan Keterampilan Berbahasa Krama Dikelas III Sekolah Dasar

Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI.Jurnal Basicedu

Naharir, R. A., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Course Review Horay Berbantuan media Video Pembelajaran terhadap Hasil belajar matematika siswa kelas V Semester II SD

Nuryana, Z.(2017) . Knowledge Management Sebagai Upaya Pengembangan Learning Organization Di lembaga Pendidikan Islam. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 11-19

Sulastri, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Visual pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesia Research Journal On Education, 2(2), 784-794.

Sesmiarni, Z., Aprison, W., & Zakir, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Tkj Siswa Kelas X Smk It Agus Susanto Pasaman Barat. Koloni, 1(3), 799-806.

Susila, I. G. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share untuk meningkatkan prestasi belajar PJOK. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 104-112.

Sari, S. I., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 1-15.

Vandoyo, T., & Hilmin, D. (2020) . Implementasi pemanfaatan Media Visual Untuk Keterampilan berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna, 5(2), 217-236

Yustanti, N. L. P. I., Sudika, I. W., & Winangun, I. M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair share Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar siswa Ipa Kelas V. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(1).

Yusuf, M. (2021). Pendidikan Holistik Menurut Para Alhi

Zaman, A. R., & Subagio, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tps Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Pelajaran Ips KelasV Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 226-236.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Titu, M. A. ., Resi, B. B. F. ., Liwun, R. S. ., Wulogini, M. A. L. ., & Koten, M. E. S. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PASAR KELAS X SMA PGRI LARANTUKA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4093–4101. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26558