PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.151Keywords:
Berpikir Kritis, Model Kooperatif tipe Think Pair and Share, Peninggalan Sejara,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model kooperatif tipe think pair and share pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 005 Gunung Malelo. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa materi peninggalan sejarah kerajaan Hindu, Budha, dan Islam kelas V SDN 005 Gunung Malelo Kecamatan Koto Kampar Hulu pada siklus I pertemuan 1 siswa yang tuntas ada 4 orang siswa dengan persentase 18%. Selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 siswa yang tuntas ada 8 orang siswa dengan persentase 36%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 siswa yang tuntas ada 12 orang siswa dengan persentase 54%. Terakhir pada siklus II pertemuan 2 siswa yang tuntas ada 17 orang siswa dengan persentase 77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi peninggalan sejarah kerajaan Hindu, Budha, dan Islam kelas V SDN 005 Gunung Malelo Kecamatan Koto Kampar Hulu.References
Afrizon, dkk. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTSN Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1 ISSN: 2252-3014.
Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKn dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 1 Tahun 2018 Halaman 37.
Brookhart, S.M. (2010). How to Asses Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom. Alexandria, Virginia USA: ASCD Member Book.
Dharma, S. (2008). Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Direktur Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK. Jakarta.
Elhefni. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Hasil Belajar di Sekolah.. TA’DIB, Vol. XVI, No. 02. Hlm 309-310.
Fatahullah, M.M. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 7 Edisi 2. Hlm. 238.
Faizah, H. (2011). Menulis Karangan Ilmiah. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayama, J. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia
Herdiansyah, H. (2011). Metodologi Penelitian untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Hermawan, dkk. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah SD. Bandung: UPI PRESS.
Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jasdilla, dkk. (2017). Hasil Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 6 No.1. Hlm. 98.
Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 5. Hlm 177.
KTSP. (2006). Standar Isi KTSP. Menteri Pendidikan RI. Jakarta.
Langrehr, J. (2008). Learn to Think Basic Exercises in the core thinking skills for ages 6-11. London and New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Lestari, dkk. (2016). Prosiding Seminar Nasional II Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajaran. Samarinda: FKIP Universitas Mulawarman.
Lestiana. (2017). Bab III Metodologi Penelitian. [Pdf]. Tersedia: epository.unpas.ac.id/30702/8/BAB%20III.pdf. [Diakses 16 Maret 2017].
Ma’rifah, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Cooperative Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SD Negeri 3 Puluhan Trucuk Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: Skripsi Dipublikasikan.
Milaningsih, M. D. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 1 Sajen Trucuk Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi Dipublikasikan.
Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Purnomo. (2011). Metode dan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, Vol. 8, No. 1. Hlm 253.
Ramadhani. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SD N 1 Wadaslintang Wonosobo. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi Dipublikasikan.
Rohman, M. (2012). Kurikulum Berkarakter. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setyawan. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Think Pair Share dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV SDN Ngijo 01 Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang: Skripsi Dipublikasikan.
Siswanto & Suyanto. (2017). Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif & Kuantitatif pada Penelitian Tindakan (PTK & PTS). Klaten: Bossscript.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taufik dan Muhammadi. (2012). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuadarma, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Metode Studi Kasus pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Krapyak Wetan Sewon Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi Dipublikasikan.