EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KALANGAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36716Keywords:
Media Sosial, Pembelajaran Bahasa Arab, MahasiswaAbstract
Media sosial dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif sebagai alat pembelajaran dalam Bahasa Arab. Meskipun media sosial efektif untuk meningkatkan motivasi dan aksesibilitas, platform ini cenderung kurang mendalam dan sering kali menyebabkan distraksi yang dapat menghambat fokus belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode library research. Sumber data yang digunakan adalah artikel jurnal ilmiah dan laporan hasil penelitian yang relevan dengan topik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Platform media sosial sebagai alat pembelajaran bahasa arab di kalangan mahasiswa terdiri dari media sosial, seperti instagram dan youtube, digunakan mahasiswa untuk belajar bahasa arab secara mandiri, dengan fitur-fitur yang mempermudah akses materi, meningkatkan keterampilan mendengar, dan memahami kosakata sehari-hari. 2). Perbandingan efektivitas media sosial dan metode pembelajaran konvensional sebagai alat pembelajaran bahasa arab di kalangan mahasiswa adalah bahwa media sosial efektif dalam meningkatkan motivasi dan praktik bahasa sehari-hari, tetapi metode konvensional lebih unggul dalam pemahaman mendalam tentang tata bahasa, sehingga kombinasi keduanya direkomendasikan. 3). Dampak penggunaan media sosial sebagai alat pembelajaran bahasa arab di kalangan mahasiswa adalah penggunaan media sosial meningkatkan minat dan kepercayaan diri mahasiswa dalam berbahasa arab, tetapi juga membawa risiko distraksi yang dapat mengganggu fokus belajar merekaReferences
Agung, N., Ar, A., & Jamil, H. (2021). Utilization Of The Wondershare Filmora Application In Compiling Arabic Teaching Materials Based On Local Culture. https://doi.org/10.4108/eai.18-11-2020.2311653
Alsaleem, B. (2018). The Impact Of Suggested E-Activities Via Social Networks On Improving The Linguistic Skills Of Arabic Speakers Of Other Languages. European Journal of Educational Sciences, 05(02). https://doi.org/10.19044/ejes.v5no2a4
Anggaraini, S., Nurrosyadah, N., Sari, I., Azhar, M., Wahyuni, A., Zulkardi, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Studi Literatur: Penyimpangan Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Matematika Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Bibliotika Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 11. https://doi.org/10.17977/um008v6i12022p11-20
Arifin, Z., Desrani, A., Febriani, S., Ritonga, A., & Husna, I. (2022). Instagram In Arabic Learning: Mixed Methods To Investigate The Effectiveness And Errors Of Speaking Skills. Alsinatuna, 7(2), 172-185. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v7i2.5019
Azhari, A., & Hilmi, D. (2022). Penggunaan YouTube Dalam Kajian Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa PGMI. El-Ibtikar Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 28. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v11i1.9679
Bambang, S., Alfakihi, A., Heltien, D., Handayani, H., & Amelia, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 49-60. https://doi.org/10.22437/pena.v12i2.23577
Caulfield, T., Marcon, A., Murdoch, B., Brown, J., Perrault, S., Jarry, J., & Hyde-Lay, R. (2019). Health Misinformation And The Power Of Narrative Messaging In The Public Sphere. Canadian Journal of Bioethics, 2(2), 52-60. https://doi.org/10.7202/1060911ar
Fadhilah, F. (2023). Pengembangan Media Bahasa Arab Menggunakan Web Educandy. Al-Ittijah Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 14(1), 51-62. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v14i1.5609
Faiz, M. (2024). Tantangan Dan Strategi Pemahaman Bahasa Arab Untuk Pendidikan Generasi Z: Analisis Dan Prospek Masa Depan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(4), 156-164. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i4.2749
Fauziah, S., Hacantya, B., Paramita, A., & Saliha, W. (2020). Kontribusi Penggunaan Media Sosial Dalam Perbandingan Sosial Pada Anak-Anak Akhir. Psycho Idea, 18(2), 91. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.7145
Febriani, S. (2020). Implementation Of Arabic Learning During COVID-19 Emergency In Indonesia: HOTS, MOTS, Or LOTS? Alsinatuna, 5(2), 117-129. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v5i2.2494
Firamadhina, F., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial TikTok: TikTok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme. Share Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Huda, M. (2023). Applicative Arabic Language Learning Media: Innovations For Arabic Language Education Lecturers In Higher Education. Arabi Journal of Arabic Studies, 8(2), 136-147. https://doi.org/10.24865/ajas.v8i2.686
Ilmiani, A., & Miolo, M. (2021). Digital Literacy: Exploration Of Social Media-Based Arabic Language Learning. Journal of Applied Studies in Language, 5(2). https://doi.org/10.31940/jasl.v5i2.215-221
Indriyati, N. (2023). Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran IPS Era Society 5.0 Di MI Darwata Karangasem Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Jurnal Kependidikan, 11(2), 240-253. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8702
Izzah, M., & Ma'sum, A. (2021). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Untuk Siswa Kelas X MA Almaarif Singosari. Jolla Journal of Language Literature and Arts, 1(8), 1081-1094. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1081-1094
Jariyah, A., & Asrori, I. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Daring Dan Luring Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Malang. Jolla Journal of Language Literature and Arts, 2(8), 1159-1172. https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1159-1172
Linur, R. (2024). Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Waraqah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 10-18. https://doi.org/10.30863/awrq.v4i2.5544
Mahdi, R., & Kusnandar, E. (2022). Peranan Kanal YouTube “Amaany For Arabic and Translation” Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Scientia Jurnal Hasil Penelitian, 7(02), 107-113. https://doi.org/10.32923/sci.v7i02.2195
Moghavvemi, S., Sulaiman, A., Jaafar, N., & Kasem, N. (2018). Social Media As A Complementary Learning Tool For Teaching And Learning: The Case Of YouTube. The International Journal of Management Education, 16(1), 37-42. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.12.001
Nashrullah, M. (2021). Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab (Pilihan Ganda). Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 30-40. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.553
Nopriadi, N. (2018). Efektifitas Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Computer Based Information System Journal, 6(1), 40. https://doi.org/10.33884/cbis.v6i1.577
Priantiwi, T. (2023). Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media TikTok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1365-1371. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1502
Puspitasari, A. (2023). Spinning Wheels Of Knowledge: Elevating Arabic Language Learning Through Innovative Teaching Methods. Suhuf, 35(2), 50-58. https://doi.org/10.23917/suhuf.v35i2.23074
Qaaf, M., & Yuslina, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis SAVI (Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual). Jurnal Al-Mashadir Journal of Arabic Education and Literature, 3(01), 69-86. https://doi.org/10.30984/almashadir.v3i01.610
Rahman, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Modern Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas Tujuh Di MTsN 1 Kota Makassar. COMPASS, 1(3), 53-60. https://doi.org/10.58738/compass.v1i3.432
Ramdani, N., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425-436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406
Rini, R. (2023). Using The Plotagon Application On Arabic Language Learning Media Design. Arabiyatuna Jurnal Bahasa Arab, 7(2 November), 637. https://doi.org/10.29240/jba.v7i2.8446
Saeed, F., Al-Sarem, M., & Abdullah, E. (2020). Detecting Health-Related Rumors On Twitter Using Machine Learning Methods. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(8). https://doi.org/10.14569/ijacsa.2020.0110842
Syamsu, P. (2022). Faktor-Faktor Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab. El-Ibtikar Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(2), 187. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v11i2.11600
Syasri, S. (2024). Model Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Untuk Anak-Anak. Jurnal Coscitech (Computer Science and Information Technology), 4(3), 763-771. https://doi.org/10.37859/coscitech.v4i3.6428
Tannia, L., & Monika, M. (2022). Intensitas Penggunaan Media Sosial Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Saat Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5203-5212. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3135
Ubaidurrohman, U. (2024). Pengaruh Media Power Point Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Al_Fattah Buduran Sidoarjo. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4319-4323. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4179
Zubaidi, A., Junanah, J., & Shodiq, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mahârah Al-Kalâm Berbasis Media Sosial Menggunakan Aplikasi TikTok. Arabi Journal of Arabic Studies, 6(1), 119. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.341
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmatia Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.