IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Febrineng Febrineng UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.36667

Keywords:

Konsep Pendidikan Berkelanjutan, Manajemen Pendidikan Islam, Era Globalisasi

Abstract

Implementasi konsep pendidikan berkelanjutan dalam manajemen pendidikan Islam di era globalisasi menghadapi berbagai problematika yang kompleks. Tantangan utama adalah kesenjangan antara nilai-nilai tradisional Islam dan tuntutan globalisasi yang menekankan pada inovasi teknologi dan ekonomi berbasis keberlanjutan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode library research atau studi kepustakaan. Sumber data utama dalam penelitian ini berasal dari artikel ilmiah dan laporan hasil penelitian yang membahas topik pendidikan berkelanjutan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk implementasi konsep pendidikan berkelanjutan dalam manajemen pendidikan Islam di era globalisasi adalah integrasi nilai-nilai keberlanjutan dalam kurikulum, pengembangan kompetensi guru, penerapan manajemen ramah lingkungan di sekolah, penguatan pendidikan karakter berbasis keberlanjutan dan kerjasama dengan lembaga lokal dan internasional. 2). Strategi implementasi konsep pendidikan berkelanjutan dalam manajemen pendidikan Islam di era globalisasi adalah dengan pengembangan kurikulum berbasis keberlanjutan, pelatihan dan pengembangan kapasitas guru pendekatan pembelajaran aktif dan partisipatif, kerjasama dengan komunitas lokal dan internasional dan pemantauan dan evaluasi terus-menerus. 3). Dampak implementasi konsep pendidikan berkelanjutan dalam manajemen pendidikan Islam di era globalisasi adalah peningkatan kesadaran lingkungan di kalangan peserta didik, penguatan pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai Islam, peningkatan kualitas manajemen sekolah, meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis keberlanjutan dan penguatan kesiapan siswa menghadapi tantangan globalisasi.

References

Annisa, A. and Gyfend, P. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(07), 929-936. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.318

Asdlori, A. (2023). Pendidikan Islam Sebagai Pilar Pembangunan Berkelanjutan: Peran Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Implementasi SDGs. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 124. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2530

Basyit, A. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Kordinat Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 187-210. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8102

Budiman, S. and Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2197

Chotimah, C. (2023). Sistem Informasi Manajemen Dalam Kompetisi Bisnis Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Education Research, 4(3), 1064-1074. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.241

El-Yunusi, M. (2023). Ilmu Pendidikan Islam Sebagai Bentuk Kajian Masyarakat Milenial. Studia Religia Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(2), 202-219. https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20531

Firdaus, A. (2023). Pelatihan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Ponpes Al Buhori Praya Lombok Tengah. Kreasi Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 499-509. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i3.749

Fitriandari, M. and Winata, H. (2021). Manajemen Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia. Competence Journal of Management Studies, 15(1), 1-13. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i1.10424

Hadi, Y. (2023). Orientasi Ideal Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Era Disruptif. J. of Religious Policy, 1(2), 175-192. https://doi.org/10.31330/repo.v1i2.11

Iqbaltullah, I., Sofyan, M., & Az-Zahra, S. (2021). Meninjau Manajemen Pendidikan Islam Secara Deskriptif Guna Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1353-1364. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.262

Lailiyah, A., Fajarani, R., & Mubiina, F. (2021). Konsep Kepemimpinan Dalam Menciptakan Manajemen Pendidikan Islam Yang Baik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1157-1168. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.227

Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340-345. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.277

Missouri, R. (2023). Strategi Inovatif Menyatukan Tradisi Dan Modernitas Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Kreatif Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(1), 23-34. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1820

Nafsaka, Z. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903-914. https://doi.org/10.58344/jii.v2i9.3211

Pertiwi, D. (2023). Ekonomi Politik Hijau: Studi Kasus Pada Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Alam Di Kabupaten Siak. Jurnal Studi Inovasi, 3(4). https://doi.org/10.52000/jsi.v3i4.139

Purwaningsih, Y. (2022). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Borobudur Educational Review, 2(2), 68-76. https://doi.org/10.31603/bedr.6546

Salfiyadi, T., Zahara, E., Abdurrahman, A., Nurdin, N., & Mardiah, A. (2022). Implementasi Konsep Manajemen Pendidikan Kesehatan Pada Santri Di Yayasan Ma’had Darul Tahfizh Al-Ikhlas. Jeumpa Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-6. https://doi.org/10.30867/jeumpa.v1i2.123

Sanusi, S. (2022). Revitalisasi Nilai Kearifan Lokal Ajaran Sunan Kudus Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 48. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i1.10105

Sholeh, M. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam Indonesia. IDEALITA, 3(1), 91-116. https://doi.org/10.62525/idealita.2023.v3.i1.91-116

Sodik, A. (2024). Peran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Mendorong Inovasi Manajemen Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. An Naba, 7(1), 9-18. https://doi.org/10.51614/annaba.v7i1.388

Sonia, N. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94-104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Sumiati, S., Muhammad, D., & Susandi, A. (2022). Pendidikan Karakter Kedisiplinan Anak Dalam Perspektif Islam Dan Barat. Al-Muaddib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(1), 10-28. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i1.187

Surur, M. (2023). Washatiyah Islam Nusantara Dalam Membangun Konsep Moderasi Pendidikan Di Era Globalisasi. Ambarsa, 3(2), 80-93. https://doi.org/10.59106/abs.v3i2.139

Sururi, A., Hasanah, B., Ma’lumatiyah, M., & Dwianti, A. (2022). Efektivitas Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Di Lingkungan Perguruan Tinggi Dalam Mendukung Dampak Pembangunan Berkelanjutan. Spirit Publik Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 150. https://doi.org/10.20961/sp.v17i2.64931

Syaban, M. (2019). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Al-Wardah, 12(2), 131. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v12i2.141

Wahyudi, D. (2021). Manajemen Pembelajaran Karakter Guna Meningkatkan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1313-1319. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.248

Warcham, A. and Sa’diyah, M. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Berbasis Manajemen Perilaku Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 281-293. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.417

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Febrineng, F. (2024). IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11333–11341. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.36667

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.