IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.36667Keywords:
Konsep Pendidikan Berkelanjutan, Manajemen Pendidikan Islam, Era GlobalisasiAbstract
Implementasi konsep pendidikan berkelanjutan dalam manajemen pendidikan Islam di era globalisasi menghadapi berbagai problematika yang kompleks. Tantangan utama adalah kesenjangan antara nilai-nilai tradisional Islam dan tuntutan globalisasi yang menekankan pada inovasi teknologi dan ekonomi berbasis keberlanjutan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode library research atau studi kepustakaan. Sumber data utama dalam penelitian ini berasal dari artikel ilmiah dan laporan hasil penelitian yang membahas topik pendidikan berkelanjutan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk implementasi konsep pendidikan berkelanjutan dalam manajemen pendidikan Islam di era globalisasi adalah integrasi nilai-nilai keberlanjutan dalam kurikulum, pengembangan kompetensi guru, penerapan manajemen ramah lingkungan di sekolah, penguatan pendidikan karakter berbasis keberlanjutan dan kerjasama dengan lembaga lokal dan internasional. 2). Strategi implementasi konsep pendidikan berkelanjutan dalam manajemen pendidikan Islam di era globalisasi adalah dengan pengembangan kurikulum berbasis keberlanjutan, pelatihan dan pengembangan kapasitas guru pendekatan pembelajaran aktif dan partisipatif, kerjasama dengan komunitas lokal dan internasional dan pemantauan dan evaluasi terus-menerus. 3). Dampak implementasi konsep pendidikan berkelanjutan dalam manajemen pendidikan Islam di era globalisasi adalah peningkatan kesadaran lingkungan di kalangan peserta didik, penguatan pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai Islam, peningkatan kualitas manajemen sekolah, meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis keberlanjutan dan penguatan kesiapan siswa menghadapi tantangan globalisasi.References
Annisa, A. and Gyfend, P. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(07), 929-936. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.318
Asdlori, A. (2023). Pendidikan Islam Sebagai Pilar Pembangunan Berkelanjutan: Peran Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Implementasi SDGs. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 124. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2530
Basyit, A. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Kordinat Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 187-210. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8102
Budiman, S. and Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2197
Chotimah, C. (2023). Sistem Informasi Manajemen Dalam Kompetisi Bisnis Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Education Research, 4(3), 1064-1074. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.241
El-Yunusi, M. (2023). Ilmu Pendidikan Islam Sebagai Bentuk Kajian Masyarakat Milenial. Studia Religia Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(2), 202-219. https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20531
Firdaus, A. (2023). Pelatihan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Ponpes Al Buhori Praya Lombok Tengah. Kreasi Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 499-509. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i3.749
Fitriandari, M. and Winata, H. (2021). Manajemen Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia. Competence Journal of Management Studies, 15(1), 1-13. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i1.10424
Hadi, Y. (2023). Orientasi Ideal Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Era Disruptif. J. of Religious Policy, 1(2), 175-192. https://doi.org/10.31330/repo.v1i2.11
Iqbaltullah, I., Sofyan, M., & Az-Zahra, S. (2021). Meninjau Manajemen Pendidikan Islam Secara Deskriptif Guna Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1353-1364. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.262
Lailiyah, A., Fajarani, R., & Mubiina, F. (2021). Konsep Kepemimpinan Dalam Menciptakan Manajemen Pendidikan Islam Yang Baik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1157-1168. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.227
Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340-345. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.277
Missouri, R. (2023). Strategi Inovatif Menyatukan Tradisi Dan Modernitas Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Kreatif Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(1), 23-34. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1820
Nafsaka, Z. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903-914. https://doi.org/10.58344/jii.v2i9.3211
Pertiwi, D. (2023). Ekonomi Politik Hijau: Studi Kasus Pada Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Alam Di Kabupaten Siak. Jurnal Studi Inovasi, 3(4). https://doi.org/10.52000/jsi.v3i4.139
Purwaningsih, Y. (2022). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Borobudur Educational Review, 2(2), 68-76. https://doi.org/10.31603/bedr.6546
Salfiyadi, T., Zahara, E., Abdurrahman, A., Nurdin, N., & Mardiah, A. (2022). Implementasi Konsep Manajemen Pendidikan Kesehatan Pada Santri Di Yayasan Ma’had Darul Tahfizh Al-Ikhlas. Jeumpa Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-6. https://doi.org/10.30867/jeumpa.v1i2.123
Sanusi, S. (2022). Revitalisasi Nilai Kearifan Lokal Ajaran Sunan Kudus Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 48. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i1.10105
Sholeh, M. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam Indonesia. IDEALITA, 3(1), 91-116. https://doi.org/10.62525/idealita.2023.v3.i1.91-116
Sodik, A. (2024). Peran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Mendorong Inovasi Manajemen Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. An Naba, 7(1), 9-18. https://doi.org/10.51614/annaba.v7i1.388
Sonia, N. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94-104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18
Sumiati, S., Muhammad, D., & Susandi, A. (2022). Pendidikan Karakter Kedisiplinan Anak Dalam Perspektif Islam Dan Barat. Al-Muaddib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(1), 10-28. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i1.187
Surur, M. (2023). Washatiyah Islam Nusantara Dalam Membangun Konsep Moderasi Pendidikan Di Era Globalisasi. Ambarsa, 3(2), 80-93. https://doi.org/10.59106/abs.v3i2.139
Sururi, A., Hasanah, B., Ma’lumatiyah, M., & Dwianti, A. (2022). Efektivitas Implementasi Pemberdayaan Masyarakat Di Lingkungan Perguruan Tinggi Dalam Mendukung Dampak Pembangunan Berkelanjutan. Spirit Publik Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 150. https://doi.org/10.20961/sp.v17i2.64931
Syaban, M. (2019). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Al-Wardah, 12(2), 131. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v12i2.141
Wahyudi, D. (2021). Manajemen Pembelajaran Karakter Guna Meningkatkan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1313-1319. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.248
Warcham, A. and Sa’diyah, M. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Berbasis Manajemen Perilaku Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 281-293. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.417
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febrineng

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




