PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR MENELAAH UNSUR BUKU FIKSI DAN NON FIKSI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BONEPANTAI

Authors

  • Sapna Adilia Ningrum Universitas Negeri Gorontalo
  • Sayama Malabar Universitas Negeri Gorontalo
  • Ayu Hidayanti Ali Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36422

Keywords:

Metode Card Sort, Hasil Belajar, Menelaah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil belajar menelaah unsur buku fiksi dan buku non fiksi sebelum dan sesudah menggunakan metode card sort dan dampak dari metode ini. Desain penelitian Pra eksperimen menggunakan satu kelas Pretest-Posttest. Metode pengambilan sampel Purposive sampling. Teknik menganalisis data yang di gunakan ialah Statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata sebelum menggunakan metode card sort adalah 43,9, dan rata-rata setelah menggunakan metode tersebut adalah 74,9. Selain itu, hasil uji t menunjukkan metode card sort memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menelaah unsur buku fiksi dan buku non fiksi, dengan nilai sig (2-tailed) adalah 0.005. Kesimpulan Ho ditolak, dan Ha diterima.

Downloads

Published

2024-10-24

How to Cite

Ningrum, S. A. ., Malabar, S. ., & Ali, A. H. . (2024). PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR MENELAAH UNSUR BUKU FIKSI DAN NON FIKSI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BONEPANTAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15174–15178. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36422