PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR MENELAAH UNSUR BUKU FIKSI DAN NON FIKSI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BONEPANTAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36422Keywords:
Metode Card Sort, Hasil Belajar, Menelaah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil belajar menelaah unsur buku fiksi dan buku non fiksi sebelum dan sesudah menggunakan metode card sort dan dampak dari metode ini. Desain penelitian Pra eksperimen menggunakan satu kelas Pretest-Posttest. Metode pengambilan sampel Purposive sampling. Teknik menganalisis data yang di gunakan ialah Statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata sebelum menggunakan metode card sort adalah 43,9, dan rata-rata setelah menggunakan metode tersebut adalah 74,9. Selain itu, hasil uji t menunjukkan metode card sort memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menelaah unsur buku fiksi dan buku non fiksi, dengan nilai sig (2-tailed) adalah 0.005. Kesimpulan Ho ditolak, dan Ha diterima.Downloads
Published
2024-10-24
How to Cite
Ningrum, S. A. ., Malabar, S. ., & Ali, A. H. . (2024). PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR MENELAAH UNSUR BUKU FIKSI DAN NON FIKSI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BONEPANTAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15174–15178. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36422
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Sapna Adilia Ningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.