RETORIKA VERBAL DAN NONVERBAL GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 8 GORONTALO UTARA

Authors

  • Grasela Salsabillah Hamzah Universitas Negeri Gorontalo
  • Sayama Malabar Universitas Negeri Gorontalo
  • Moh. Karmin Baruadi Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36146

Keywords:

Retorika, Guru Bahasa Indonesia, Pembelajaran

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi oleh kemampuan retorika guru, baik secara verbal maupun nonverbal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan retorika verbal, nonverbal, dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan retorika verbal guru bahasa Indonesia mencakup gaya bahasa dan gaya suara, retorika nonverbal guru bahasa Indonesia mencakup sikap badan, penampilan dan pakaian, air muka, gerak tangan, dan pandangan mata, faktor-faktor yang memengaruhi yaitu pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi, sikap komunikator, pengetahuan umum, dan sistem kebudayaan. Simpulannya, guru bahasa Indonesia dalam di SMA Negeri 8 Gorontalo Utara memiliki retorika verbal dan nonverbal yang bervariasi.

References

Ardiansyah, F. (2017). Analisis retorika basuki tjahaja purnama dalam kampanye rakyat pemilihan kepala daerah khusus ibukota jakarta di rumah lembang 2017 (kajian retorika aristoteles). Journal Bapala Unesa, 2017(1), 1–16. https://www.neliti.com/publications/243606/analisis-retorika-basuki-tjahaja-purnama-dalam-kampanye-rakyat-pemilihan-kepala

Khamid, I. F., & Supriyo. (2015). Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Pelayanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Social Play. 21 Ijgc, 4(4), 21. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Kurniati. (2016). Modul Komunkasi Verbal dan Nonverbal. In Modul. Universitas Udayana.

Kusumawati, T.I. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Jurnal al-Irsyad, vol. 6

Lindayana, L., Arifuddin, A., & Mandala, H. (2018). Politeness of Verbal and Non-Verbal Directive Speech Acts in the Tenth Grade Students’ Learning Process of Negeri 1 Mataram. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 4(1), 70–74. https://doi.org/10.22225/jr.4.1.526.70-74

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa, Tahapan, Strategi, Metode dan Tekniknya. Rajawali Pers Depok.

Milyane, T. M., & Dkk. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3). https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/557082-pengantar-ilmu-komunikasi-22ec77af.pdf

Mukhlis, S.Pd., M. P. (2017). Retorika komunikasi verbal bagi calon guru. Pibsi Xxxix, November, 314–323.

Ramli, S. (2023). Implementasi Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 26 Surabaya. Aleph, 87(1,2), 149–200. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees

Ratnaningtyas. (2023). Penelitian Kualitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Samvoar, dkk. (2009). Communication Between Cultures. Lyn Uhl.

Sulistyarini, D. & Zainal, G. A. (2018). Buku Ajar RETORIKA. In CV. AA. Rizky (Vol. 51, Issue 1).

Wulandari. (2018). strategi retorika verbal dan nonverbal Karni Ilyas dalam acara Indonesia Lawyers Club. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya., 2.

Downloads

Published

2024-10-19

How to Cite

Hamzah, G. S. ., Malabar, S. ., & Baruadi, M. K. . (2024). RETORIKA VERBAL DAN NONVERBAL GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 8 GORONTALO UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14952–14958. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36146