INOVASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENDEKATAN INTERAKTIF UNTUK GENERASI MILENIAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.36365Keywords:
Pembelajaran PAI, Pendekatan Interaktif, Generasi MilenialAbstract
Inovasi pembelajaran PAI dengan pendekatan interaktif untuk generasi milenial sangatlah relevan dan penting. Dengan memanfaatkan teknologi, menerapkan metode pembelajaran yang kreatif, dan melibatkan siswa secara aktif, diharapkan pembelajaran PAI dapat menjadi lebih menarik dan efektif, serta mampu membentuk karakter dan keterampilan yang diperlukan oleh siswa di abad 21. Penelitian ini menggunakan metode library research atau penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan literatur yang relevan, baik dalam bentuk artikel ilmiah, jurnal, maupun laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1). Pengembangan media pembelajaran interaktif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa milenial terhadap materi PAI adalah bertujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi generasi milenial. Dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti aplikasi, video animasi, dan platform e-learning, materi PAI dapat disajikan secara visual dan interaktif, sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep agama yang abstrak. 2). Peran teknologi digital dalam mendukung inovasi pembelajaran PAI dengan pendekatan interaktif bagi generasi milenial adalah dengan pendekatan interaktif, terutama bagi generasi milenial yang sangat akrab dengan teknologi. Melalui aplikasi, video animasi, dan platform e-learning, teknologi memungkinkan pembelajaran PAI menjadi lebih dinamis, visual, dan interaktif. 3). Dampak penggunaan pendekatan interaktif dalam pembelajaran PAI terhadap peningkatan kemampuan kritis dan kreatif generasi milenial adalah Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Peningkatan Kreativitas dan Integrasi Kritis dan Kreatif dalam Konteks Pembelajaran PAI.References
Agustina, D., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan flipbook berbasis problem-based learning (PBL) pada submateri pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 9(2), 325-339. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p325-339
Anggraini, L., Lestari, S., & Handayani, N. (2019). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis Adobe Flash CS6 pada materi sistem sirkulasi manusia kelas XI MIPA SMA Nasional Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 85-91. https://doi.org/10.17977/um052v10i2p85-91
Apriliani, E., Purwanti, K., & Riani, R. (2020). Peningkatan kesantunan bahasa anak usia dini melalui media pembelajaran interaktif budaya Jawa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150-159. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319
Asriningtyas, A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jipmat, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226
Azizah, T., Arifin, S., & Puspitasari, I. (2023). Penerapan media pembelajaran Wordwall dalam menunjang pemahaman konsep siswa. Jiip: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3168-3175. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1655
Boentolo, F. (2024). Peran guru memanfaatkan AI dalam membangun generasi unggul menuju Indonesia emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42-48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48
Frisye, R. (2022). Model project-based learning dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang kreatif dan inovatif. https://doi.org/10.31219/osf.io/4tsdc
Hadi, W. (2024). Analisis penggunaan media interaktif Wordwall terhadap peningkatan hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2), 466-473. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1570
Hamijaya, M., & Suryaman, R. (2023). Determinan minat beli KPR generasi urban milenial di Kota Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi, 3(1), 47-63. https://doi.org/10.23969/jrie.v3i1.47
Hasnawiyah, H. (2024). Dampak penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar sains siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(2), 167-172. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p167-172
Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823-834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Ikhsan, M., Hady, N., & Sukriono, D. (2019). Buku ajar pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan berpendekatan life-based learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 330-338. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12108
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi web Live Worksheet berbasis problem-based learning dalam pembelajaran matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi teknologi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Wordwall website pada mata pelajaran PAI di masa penerapan pembelajaran jarak jauh: Tinjauan pustaka. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 192-205. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4862
Lestari, M. (2024). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan media Kahoot pada materi trigonometri di jenjang sekolah menengah atas. Jurnal Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 29-40. https://doi.org/10.24114/jfi.v5i1.57234
Mardhiyah, R., Aldriani, S., Chitta, F., & Zulfikar, M. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-179. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Permatasari, C. (2023). Inovasi pembelajaran: Mengenalkan flexible learning sebagai pintu gerbang blended learning bagi mahasiswa baru UKSW. Suluh Abdi, 5(2), 99-110. https://doi.org/10.32502/sa.v5i2.7123
Rahayu, R. (2016). Peningkatan karakter tanggung jawab siswa SD melalui penilaian produk pada pembelajaran mind mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562
Rahmania, S. (2023). Pemanfaatan gamification Quizizz terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 114-133. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3714
Rukmini, R. (2024). Analisis kendala implementasi kurikulum PAI di madrasah: Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Curup. JIMR, 2(5), 504-508. https://doi.org/10.62504/jimr519
Sejati, A. (2023). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V melalui penerapan model problem-based learning berbantuan LKPD interaktif. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 101-110. https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.72018
Sinensis, A. (2023). Peningkatan literasi digital guru melalui PKM workshop pembuatan media interaktif berbasis Android di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda OKU Timur. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2178-2187. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1138
Suirta, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android berorientasi kearifan lokal pada muatan IPA topik benda tunggal dan campuran. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 91-101. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.1194
Suri, S. (2023). Media pembelajaran berbasis Android dengan pendekatan edutainment kelas X DKV di SMKN 1 Kinali. Jurnal Pustaka Data: Pusat Akses Kajian Database Analisa Teknologi dan Arsitektur Komputer, 3(1), 25-29. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v3i1.421
Ulandari, M., Lesmana, C., & Santoso, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran informatika kelas VII SMP LKIA Pontianak. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 3(2), 49-61. https://doi.org/10.59784/glosains.v3i2.86
Wahyudi, M. (2024). Transformasi pendidikan vokasi melalui game-based learning: Studi literatur. IJOLII, 2(01), 18-26. https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1610
Widiastika, M., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis Android pada konsep sistem peredaran darah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47-64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602
Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan software Adobe Flash pada materi bumi dan alam semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77-84. https://doi.org/10.21009/pip.321.9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khima Milidar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.