PROBLEMATIKA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 REJANG LEBONG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42704Keywords:
Kurikulum, Merdeka Belajar, Pembelajaran PAIAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan kurikulum mandiri dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini diperiksa melalui triangulasi, member check, peningkatan ketekunan, dan diskusi sejawat. Berdasarkan temuan penelitian oleh SMKN Negeri 1 Rejang Lebong, dapat disimpulkan bahwa guru PAI menghadapi beberapa permasalahan, seperti:1) Saat merencanakan pelajaran, muncul masalah yang berkaitan dengan pilihan yang terbatas, misalnya. konsentrasi di sekolah, waktu belajar yang terbatas di kelas, dan materi pelajaran yang banyak dan detail. Dalam proses pembelajaran, guru biasanya hanya menggunakan materi PAI cetak sebagai media pengajarannya, dan juga kesulitan dalam membuat modul pengajaran. 2) Pada saat penerapan bahan ajar, kreativitas guru menurun, karena satu-satunya metode pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah gaya mengajar lama yaitu ceramah dan tanya jawab. Hal ini dipengaruhi oleh faktor usia, dan guru yang sudah bekerja bertahun-tahun sulit mengikuti perkembangan yang ada sehingga mempengaruhi keterampilannya. 3) Dalam proses penilaian pembelajaran, guru lebih memperhatikan penilaian kemampuan psikomotorik anak, khususnya kemampuan membaca Al-Quran dan menghafal hadis. Hal ini menimbulkan permasalahan karena kegiatan penilaian perlu dilakukan secara komprehensif berdasarkan aspek kognitif, emosional, dan psikomotorik anak.References
Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661–1674. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2688
Jordi Andrea, Fitri Sakinah,Nurhizrah Gistituat, H. (2024). MERDEKA BELAJAR DALAM REVOLUSI PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA DISRUPSI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7158–7172. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15021/6893
Khasanah, K. (2019). Peta Konsep sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.8
Muhammad Irsad. (2016). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH (Studi Atas Pemikiran Muhaimin). Iqra’, 2(1), 230–264.
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
Siti Zulaiha,Tika Meldina, M. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 163–175. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197
Sofia Syahara Balqis. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SDN SEKECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT BANDAR LAMPUNG. https://repository.radenintan.ac.id/34575/1/TESIS BAB 1 %26 BAB 5.pdf
Sunaryati, T., Subekti, W. U., Lukito, A. N., & Sari, W. P. (2024). Analisis Pengembangan Pembelajaran Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Daya Kognitif Dan Perkembangan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. 06(4), 158–184.
Syafaruddin. (2012). Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. In Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul.
Wina Sanjaya. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Zulkifli & Muhammad. (2023). PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA(Telaah Kurikulum PAI Pra Kemerdekaan hingga Kurikulum Merdeka). Jurnal PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(2), 142–159. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/pai/article/view/1146/830
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maslakha Maslakha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.