PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Authors

  • Muhammad Khairul Annas Universitas Negeri Medan
  • Khadijah Utami Lubis Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Arif Pratama Universitas Negeri Medan
  • Hasratuddin Hasratuddin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36256

Keywords:

Pembelajaran Problem Based Learning, Bilangan Bulat.

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah mengenai kemampuan siswa dalam menjawab soal operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahapan yaitu pemberian soal Pretest, Penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), dan pemberian soal Postest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Cerdas Murni Tembung dengan jumlah siswa 28 orang. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan siswa dalam menjawab soal operasi hitung bilangan bulat. Hal ini terlihat dari adanya kenaikan banyak siswa yang benar dalam menjawab soal Posttest dibandingkan dengan banyaknya siswa yang benar dalam menjawab soal Pretest. Dari hasil Pretest di peroleh hasil terdapat 15 atau (53,57%) siswa yang benar menjawab soal nomor 1. Terdapat 10 atau (35,71%) siswa yang benar menjawab soal nomor 2. Terdapat 13 atau (46,42%) siswa yang benar menjawab soal nomor 3. Dan terdapat 2 atau (7,14%) siswa yang benar menjawab soal nomor 4. Dari hasil Posttest diperoleh hasil terdapat 25 atau (89,29%) siswa benar menjawab soal nomor 1. Terdapat 24 atau (85,71%) siswa benar menjawab soal nomo 2. Terdapat 23 atau (82,14%) siswa benar menjawab soal nomor 3. Dan terdapat 20 atau (71,43%) siswa benar menjawab soal nomor 4.   

References

Ajhuri, K.F. (2019). Psikologi perkembangan pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Agustin, M. K. D., & Anwar, W, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewarganegaraan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 461-468. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v9i1.6669

Ikhlas, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gaya Kognitif Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 7 Kerinci. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi (JIITUJ), 2(2), 135-143. https://doi.org/10.22437//jiituj.v2i2.5988

Nanang, N. & Sukandar, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa SDIT Miftahul Ulum Pada Operasi Bilangan Bulat Melalui CAI-Kontextual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 71-82. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.627

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada, 232.

Thahir, A. (2018). Psikologi perkembangan. Lampung: Aura Publishing.

Downloads

Published

2024-10-27

How to Cite

Annas, M. K., Lubis, K. U. ., Pratama, M. A. ., & Hasratuddin, H. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15338–15344. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36256