PENERAPAN METODE BRUNER DALAM PENGEMBANGAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR YANG TIDAK BISA MEMBACA

Authors

  • Laras Joefanny Universitas Negeri Medan
  • Mia Rizki Idaroyanni Siregar Universitas Negeri Medan
  • Sri Fitri Perdani Limbong Universitas Negeri Medan
  • Hasratuddin Hasratuddin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36255

Keywords:

Metode Bruner, Penalaran Matematis, Siswa Sekolah Dasar, Kesulitan Membaca, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode Bruner dalam mengembangkan penalaran matematika siswa sekolah dasar yang memiliki kesulitan dalam membaca. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi strategi dan metode yang efektif dalam mengembangkan kemampuan penalaran matematis pada siswa yang tidak bisa membaca.   

References

Boz & Bulut. (2012). Affective Factors Associated with Computational Estimation of Seventh Graders. Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science and Mathematics Education, 6 (2), 183 – 216.

Freudenthal. (1991). Revisiting Mathematics Education: China Lectures. Dordrecht, the Netherlands: Kluwer Academic Publisers.

Lan Y, Sung Y, Tan N, Lin C, & C K. Mobile-Device-Supported Problem-Based Computational Estimation Instruction for Elementary School Students. Educational Technology & Society, 13 (3), 55–69.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:RemajaRosdakarya

Reys, Lindqusit, Lambdin & Smith. (2009). Helping Children Learn Mathematics 9th Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc

Rizal, M. (2011).Proses Berpikir Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Melakukan Estimasi Masalah Berhitung. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA Tanggal (Vol. 14, pp. 19-28)

Tsao, Y. L., & Pan, T. R. (2011). Study on the Computational Estimation Performance and Computational Estimation Attitude of Elementary School Fifth Graders in Taiwan. Online Submission.

Downloads

Published

2024-10-24

How to Cite

Joefanny, L., Siregar, M. R. I. ., Limbong, S. F. P. ., & Hasratuddin, H. (2024). PENERAPAN METODE BRUNER DALAM PENGEMBANGAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR YANG TIDAK BISA MEMBACA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15188–15195. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36255