EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA DESAIN RUMAH ANTI PANAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35929Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Model PBL, Desain Rumah Anti PanasAbstract
Model PBL merupakan model pembelajaran yang berfokus pada aktivitas peserta didik dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Peserta didik dihadapkan dengan masalah yang autentik sebagai pusat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada desain rumah anti panas. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu true experimental design dengan control group pre-test post-test design. Variabel manipulasi dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran PBL dengan desain rumah anti panas dan model pembelajaran konvesional. Sedangkan variabel respon dalam penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diberikan perlakuan mengalami peningakatan dengan N-Gain sebesar 0,5115 dan Effect Size sebesar 0,593 dengan kategori sedang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkan model PBL dengan desain rumah anti panas mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.Downloads
Published
2024-10-13
How to Cite
Novianti, A. B. ., & Lestari, N. A. . (2024). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA DESAIN RUMAH ANTI PANAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14782–14787. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35929
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Aulia Betha Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.