MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEJARAH MATEMATIKA TERHADAP GENERASI MUDA DENGAN MENGEKSPLORASI ETHNOMATEMATICS TERHADAP BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35718Keywords:
Sejarah Matematika, Generasi Muda, Ethnomatematics, Bangunan BersejarahAbstract
Dalam kehidupan tanpa disadari ternyata berbagai aktivitas yang menggunakan ide serta konsep matematika dasar. Pada kegiatan berbilang dengan mendefinikan suatu angka, kegiatan menimbang (luas, lurus, beban, serta kapasitas), kegiatan berdagang (menghitung untung rugi, menghitung uang receh, dll), kesenian, serta arsitektur bangunan (perumahan tradisional). Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan pemahaman sejarah matematika terhadap generasi muda dengan mengeksplorasi ethnomatematics terhadap bangunan bersejarah di Indonesia. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tanpa adanya kajian teoritis pada draft matematika tersebut, pada pembangunan telah menerapkan konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga terdapat bukti pola etnografi yang tergambar pada hasil operasi matematika yang telah terorganisir serta maju, yaitu : 1) perencanaan pembangunan Istana Maimun; 2) aktivitas pembuatan pola ukiran terhadap tembok Istana Maimun; 3) aktivitas pembuatan pola ukiran atap Istana Maimun; dan 4) pola ukiran pada setiap sudut dan pembangunan Istana Maimun.References
As'ad., F. F. (2021). MENGELOLA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Studi Etnografi di SMA Sultan Iskandar Muda Kota Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, 59-72.
Fadhly. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD)JBPD, 4(1).
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi . PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 114-119.
Francois, L. &. (2018). The Philosophy of Mathematics Education Today. Springer.
Joko Soebagyo, A. F. (2023, Juli). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur sebagai Media dalam Penyampaian Konsep Geometri. MATHEMA JOURNAL, 5(2), 235 - 252.
Lu’luilmaknun, F. &. (2019). ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN DENGKLAQ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3),.
Purwasih. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis da Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16-25.
Putra, A. P. (2022). PERAN ETNOMATEMATIKA DALAM KONSEP DASAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Intersections, 1-9.
Ratnaningtyas, E. M. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sari, N. (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN BERSEJARAH ISTANA MAIMUN DI MEDAN. Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum (PSSH), (44-1)- (44-12).
Sulfayanti, N. (2022). Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran terhadap Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 1167-1174.
Sundari. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. ProsidingDiskusi PanelPendidikanLPPM Unindra, 1(1), 60-76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eri Widyastuti, Alfina Trijayanti, Delviananda Harahap, Reina Mawar Ananda, Salsabila Jariyah, Umi Kalsum, Zuhra Fauziyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.