PEMANFAATAN DAN PEMAKNAAN SITUS SEJARAH TUGU MEDAN AREA DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.718Keywords:
Pembelajaran diluar ruangan, Generasi Milenial, Situs Medan AreaAbstract
Penelitian ini menawarkan sebuah penyelesaian dalam tantangan pembelajaran sejarah di Era Globalisasi. peserta didik yang menjadi subjek penelitian sebagai mana yang dikenal dengan generasi milenial memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda genarasi terdahulu, dimana mereka menuntut keaktifan dari inovasi pembelajaran dengan paradigma terbaru. Dalam gagasan tersebut mencurahkan pembelajaran untuk menjawab tantangan dalam belajar sejarah. Yaitu dengan belajar berbasis sumber belajar lapangan. Pemanfaatan situs bersejarah dapat membawa kedekatan dan pemaknaan yang mendalam mereka terhadap kekayaan sejarah mereka. Pembelajaran ini dibagi dalam 3 langkah kegiatan pembelajaran yaitu orientasi, eksplorasi, dan refleksi. Aktivitas pembelajaran dapat dilaksanakan dimanapun selama dalam bingkai membangun pengetahuan peserta didikReferences
Farhatin, D., Atmaja, H. T., & Ahmad, T. A. (2016). Pemanfaatan Situs Candi Ngempon Sebagai Sumber Belajar Sejarah di MA Darul Ma’arif Pringapus. Indonesian Journal of History Education, 4(2).http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe
Ismail, R. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Medan:USUpress.
Jumardi, J., & Suswandari, S. (2018). Situs Benteng Fort Rotterdam Sebagai Sumber Belajar Dan Destinasi Pariwisata Kota Makasar: Tinjauan Fisik Arsitektur Dan Kesejarahan. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 4(2), 134-144. http://150.107.142.250/index.php/Candrasangkala/article/view/4529
Mulyasa,E, Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006,
Maslina, N. (2014). Situs sejarah Dan Fungsingnya Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Kecamatan Lut Tawar. Kabupaten Aceh Tengah (Doctoral dissertation, UNIMED). http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18408
Nasution, A. H. (2014). Pemanfaatan Situs Kesultanan Deli Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Multikultural (Penelitian naturalistik inquiri di SMA Panca Budi Medan). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 91-98.r https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1623
Nababan, S. A., Agung, L., & Yamtina, S. (2019). Pemanfaatan Situs Kota Cina Sebagai Sumber Permbelajaran Sejarah Lokal di Kota Medan. Jurnal ekonomi, sosial & humaniora, 1(04), 49-55. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/44
Purnamasari, I. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Situs Sejarah Lokal Di SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Paramita: Historical Studies Journal, 21(2).
Reid, A. (1986). Perjuangan Rakyat : Revolusi dan Hancurnya Kerajaan di Sumatra. Jakarta : Sinar Harapan.
Sumanti,Solihah Titin, Nunzairina, (2019). Makam Kuno Dan Sejarah Islam Di Kota Medan. Yogyakarta: Atap Buku
Sjamsuddin, H. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Sulistyo, W. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Serat Wicara Keras Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sma Insan Cendekia Al Mujtaba Sukoharjo (PhD Thesis). Universitas Sebelas Maret.
Negeri, S. M. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Sejarah SMA di Kabupaten Malang pi’i. PEMBELAJARAN Sejarah Berbasis Kehidupan untuk generasi z, 134. http://sejarah.fis.um.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/PROSIDING-seminar-nasional-jurusan-sejarah-2019.pdf#page=141
Sulistyo, W. D., & Wiradimadja, A. (2019). Lesson Study (LS): Memahamkan “Masalah Penelitian†Kepada Mahasiswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 0(0), 29–37.
Suminar, Retno. 2019. Pemanfaatan Situs Peninggalan Zaman Hindu Budha Di Wilayah Boja Sebagai Upaya Mengembangkan Literasi Sejarah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Jurusan Pendidikan IPS. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang https://lib.unnes.ac.id/35098/
Siti Khadijah, 308121143, Meningkatkan Persepsi Siswa Tentang Peanfaatan Situs Dan Peninggalan Sejarah Kota Medan Sebagai Sumber Pembelajaran Terhadap Minat Siswa Belajar Sejarah Di SMA Negeri 16 Medan, skripsi S1, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan 2013 http://digilib.unimed.ac.id/17979/
Sidiq, Siti S., and Nadya F. Sinaga. "Pengelolaan Situs Cagar Budaya Kota Cina Medan." Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, vol. 2, no. 1, Feb. 2015. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/5009
Syarifuddin Surapati. Nim : 309121077. Sejarah Bangunan-Bangunan Bersejarah Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah di Kota Medan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah.Fakultas Ilmu Sosial.Universitas Negeri Medan.2014. http://digilib.unimed.ac.id/17948/
Tanjung,Samsidar,Syarifah. (2019) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Dengan Pemanfaatan Sumber Sejarah Sebagai Media Belajar, http://digilib.unimed.ac.id/38933/
Wahyu Djoko, Sulistyo.(2019) learning activities from learning resource: pemanfaatan dan pemaknaan situs sejarah kawasan alun-alun merdeka kota. JPSI, Vol. 2, No. 1, 2019 49 http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i12019p049
Wahyu Djoko, Sulistyo,Onok Yayang Pamungkas .(2020) Pemanfaatan Situs Sejarah Peradaban Islam Di Kota Malang Sebagai Aktivitas Belajar Untuk Menanamkan Nilai Karakte. jurnal agastya vol 10 no 1 januari 2020 http://doi.org/10.25273/ajsp.v10i1.5095
Yani, A. T. (2014). Situs Sejarah Garis Demarkasi Perang Medan Area Dan Kondisi Nya Saar Ini Di Kota Medan (skripsi,unimed). http://digilib.unimed.ac.id/18372/