IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING & SOLVING (PPS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NUMERIK SISWA SDN 2 TAMBUN MENGGUNAKAN MEDIA DAKOTA TRADISIONAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34878Keywords:
Model Pembelajaran Problem Posing & Solving , Pemahaman Numerik,Dakota TradadionalAbstract
Penelitian ini mengkaji implementasi model pembelajaran Problem Posing & Solving (PPS) dengan menggunakan media dakota di SDN 2 Tambun untuk meningkatkan pemahaman numerik siswa kelas I. Penelitian ini dilakukan karena terdapat siswa yang belum mencapai ketuntasan nilai 70 akibat pemahaman yang kurang dalam berhitung, menyebutkan angka, dan menuliskan jawaban. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan instrumen yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Pada siklus pertama, ketuntasan klasikal adalah 66,6% di pertemuan I dan 37,5% di pertemuan II. Namun, pada siklus kedua, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 75% di pertemuan I dan 87,5% di pertemuan II. Penggunaan media dakota tradisional (dakon matematika) sebagai alat peraga terbukti efektif dalam membantu siswa menghitung penjumlahan dan pengurangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman numerik siswa pada setiap siklus, menjadikannya sebagai landasan yang baik untuk proses kegiatan belajar mengajar di SDN 2 Tambun.Downloads
Published
2024-09-23
How to Cite
Listiani, L., Hamna, H., & Mustakim, M. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING & SOLVING (PPS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NUMERIK SISWA SDN 2 TAMBUN MENGGUNAKAN MEDIA DAKOTA TRADISIONAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13786–13794. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34878
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Listiani Listiani, Hamna Hamna, Mustakim Mustakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.