ANALISIS PEMBELAJARAN SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN TOLITOLI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35567Keywords:
Pembelajaran, Siswa TunagrahitaAbstract
Siswa tunagrahita merupakan salah satu golongan siswa berkelainan mental yang mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata-rata dan memiliki keterbatasan dalam berfikir. Seperti kemampuan berfikirnya rendah, perhatian dan daya ingatnya lemah, sukar berfikir abstrak, sulit mengendalikan emosi, serta kurang mampu berfikir logis. Keterbatasan yang dimiliki siswa tunagrahita menyebabkan mereka mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan dasar, seperti keterampilan kesiapan dalam belajar membedakan huruf, menghitung, ataupun menulis. Rumusan masalah penelitian ini yakni mengetahui pengalaman dan tantang dalam proses pembelajaran siswa tunagrahita dengan emosional yang tinggi. Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran siswa tunagrahita. Dengan hasil penelitian yang di temukan mengetahui pengalaman dan tantangan menghadapi siswa tunagrahita faktor pendukung dan penghambat siswa tunagrahita dalam proses pembelajaran. pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi pada hasil analisis data tersebut terdapat peningkatan pada proses pembelajaran siswa tunagrahita di SDN 2 Tambun.References
Andim, F., Aziz, A. saiful, & Munib, A. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak tunagrahita. Jurnal Pendidikan Agama Islam Wahid Hasyim, 9(2), 6.
budiyanto. (2019). Merancang Indentifikasi Asesmen Planing Matriks dan Layanan Kekhususan (Jakad Media Publishing (ed.)). Jakad Media Publishing. https://doi.org/https://www.google.co.id/books/edition/Merancang_Identifikasi_Asesmen_Planing_M/t4LYDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Firdaus, T. A., Kurniawan, L. G., Fadilah, I. R., & Maghdalena, D. (2024). Strategi Pembelajaran Matematika Anak Tunagrahita di SLB-C Pelita Ilmu Semarang. 7, 31–40.
Hamna, BK, M. K. U., Handayani, M. I., Ali, Z. J., & Araroh, W. (2024). Penerapan Dan Persepsi Pembelajaran Terpadu Dalam Kurikulum SD Kelas 5 Di Tambun: Tantangan dan peluang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 133–139. https://doi.org/10.37081/jipdas.v4i2.1834
Hamna, H., Muh.khaerul Ummah BK, Muliyani, M., & Sri Wulandari. (2024). Menganalisis Penerapan Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Negeri 3 Tambun. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 26–38. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v4i1.3576
Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2019). Pendidikan Jasmani dan olaraga adaptif (M. P. Muhammad Nur Alif (ed.)). UPI Sumedang Press.
Oktaviani, F., & Harsiwi, N. E. (2024). Tantangan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi SDN Gebang 1. Jounal of Special Education Lectura, 2(1), 24–30. https://journal.unilak.ac.id/index.php/JSELectura/article/view/20995
Ramopoly, I. H., & Bua, D. T. (2022). Analisis kesulitan guru dalam mengajar anak berkebutuhan khusus (Tunagrahita) di SLB dharma wanita makale. Elementary Journal?: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87–97. https://doi.org/10.47178/elementary.v4i2.1452
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Thalha Alhamid, B. A. (2019). Instrumen pengumpulan data. 1–20.
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip khusus dan jenis layanan pendidikan bagi anak tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Meliana Meliana, Hamna Hamna, Mustakim Mustakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.