UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA KARAKTER GOTONG ROYONG PADA KELAS III DI SDN TUGU JEBRES TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34763Keywords:
Gotong Royong, Upaya Guru, Sekolah DasarAbstract
Pada abad ke – 21 ini segala sesuatu semakin berkembang serta semakin banyak pula tantangan – tantangan baru yang harus dihadapi terutama dalam dunia pendidikan. Salah satu dampak dari Pembelajaran Jarak Jauh bagi peserta didik yakni intensitas penggunaan gedget atau handphone yang semakin sering, sehingga menyebabkan terciptanya sikap individualisme yang semakin tinggi dan sikap gotong royong atau persatuan semakin rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penanaman karakter gotong royong pada kelas III. (2) Mengetahui upaya guru dalam menanamkan nilai profil pelajar Pancasila karakter gotong royong pada kelas III. Bentuk penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peserta didik kelas III sebagian besar memiliki karakter yang baik, saling menghargai, dan anti kekerasan. 2) Upaya guru dalam menanamkan nilai profil pelajar Pancasila karakter gotong royong antara lain melalui serangkaian kegiatan seperti membuat lemper, membuat jenang mutiara, membuat karamel, hingga kegiatan ecoprint. Melalui kegiatan – kegiatan tersebut gotong royong yang peserta didik tunjukkan antara lain peserta didik selalu berinisiatif membantu teman ketika melihat teman sebaya kesulitan.References
Alfiah, Sya’adah & Rini, Tika P. W. 2024. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Menggunakan Model Pembelajaran PJBL Pada Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 12748 – 12791.
Durotun Nikmah, S., Setia Wardana, M. Y., & Purnamasari, I. Upaya Guru dalam Menanamkan Dimensi Bergotong Royong pada Siswa Kelas IV SDN 02 Grawan. Pena Edukasi, 1(3), 282 – 285.
Halmar, Thoriq., Habibuddin., Arif Rahman Hakim. 2024. Penciptaan Budaya Sekolah Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Di SDI Yadinu Masbagik Lombok Timur.
Nikmah, S. D., Wardan, M. Y. S., & Purnamasari, I. (2023). Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Dimensi Bergotong Royong pada Siswa Kelas IV SDN 02 Grawan. Pena Edukasia, 1(3), 282 – 285.
Rahayu, Dita., dkk. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 111 – 122.
Rizkasari, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, X(1), 50 – 60.
Rizkasari, E., & Prima, T. A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik SDN Jumapolo 1 Pasca Pandemi Covid – 19. EduBase: Journal of Basic Educational, 4(1), 91 – 103.
Setiyaningsih, S., Wiryanto. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4), 3041 – 3052. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME.
Sugiyono, (2022), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Setyowati, K. S., & Suryanti, H. H. S. (2020). Pengaruh Konseling Sebaya Terhadap Perencanaan Karier Pada siswa kelas X IPA 3 di MAN 1 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2018/2019. MEDI Kons: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1).
Waruwu, Marinu. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896 – 2910.
Wekke, I. S., (2019), Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku.
Yanti, Irma. (2022). Pengaruh Tadarus Al – Qur’an Terhadap Sikap Menghargai. Jurnal Ilmu Ushuluddin, 2(3), 467 – 489.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Permata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.