STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENANGGULANGAN BULLYING DI SMPS ULUMUL ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34540Keywords:
Strategi Kepala Sekolah, Penanggulangan BullyingAbstract
Bullying merupakan masalah serius dalam pendidikan di Indonesia yang mempengaruhi lingkungan belajar dan kesejahteraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi kepala sekolah dalam penanggulangan bullying di SMPS Ulumul Islam. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Implementasi kepala sekolah meliputi pembentukan tim penanggulangan bullying, penyuluhan anti-bullying, dan pembentukan guru wali di tiap kelas serta menciptakan agen perubahan disekolah. Model bullying yang terjadi meliputi fisik, verbal, dan sosial, dengan dampak signifikan terhadap lingkungan belajar, termasuk gangguan psikologis, emosional, dan pembelajaran. Penanganan bullying membutuhkan kolaborasi antar pihak terkait, program pelatihan, dan sanksi tegas. Implikasi praktis dari penelitian ini menyoroti pentingnya pelatihan staf dan kerjasama dengan orang tua serta komunitas. Dengan demikian, langkah preventif dan responsif penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi semua siswa di SMPS Ulumul IslamReferences
Ferrer-Cascales, Rosario, Natalia Albaladejo-Blázquez, Miriam Sánchez-SanSegundo, Irene Portilla-Tamarit, Oriol Lordan, and Nicolás Ruiz-Robledillo. “Effectiveness of the TEI Program for Bullying and Cyberbullying Reduction and School Climate Improvement.” International Journal of Environmental Research and Public Health 16, no. 4 (February 16, 2019): 580. https://doi.org/10.3390/ijerph16040580.
Fiandi, Arif, and Darul Ilmi. “PERUMUSAN VISI YANG VISIONER DAN PERUMUSAN MISI PENDIDIKAN YANG IDEAL.” Jurnal Manajemen Pendidikan 7, no. 2 (August 20, 2022): 57–63.
Kusumawardani, Lita Heni, Buana Restu Dewanti, Nabila Alma Maitsani, Zahrotul Uliyah, Anis Cahyani Dewantari, Anggoro Dwi Laksono, Gustiani Ike Saraswati, Kristian Adi Nugroho, Ayu Diah Lestari, and Nadya Rohmatul Laila. “PENINGKATAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING MELALUI METODE EDUKASI DAN ROLE PLAY PADA ANAK USIA SEKOLAH.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surbaya 15, no. 2 (November 3, 2020): 162–71.
Yusri, Ahmand Zaki dan Diyan.” Jurnal Ilmu Pendidikan 7, no. 2 (2020): 809–20.
Eka Fauziah Pratiwi, dkk., Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Melalui NIlai Pancasila dalam Menangani Kasus Bullying, Jurnal Basicedu, Volume 5 Nomor 6 Tahun 2021
Fitri Haryanti, Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik di MA, Jurnal Psiko Edukasi, Volume 10, No mor 6, Tahun 2016, diakses 18 September 2023
Fellinda Arini Putri, Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying di SMP Negeri 1 Mojokerto, Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Volume 01, Nomor 04, Tahun 2016
Hafizin, Herman, Merumuskan Visi dan Misi Lembaga, Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5 No. 1, 2022.
Heti Novita Sari dkk, Perilaku Bullying Yang Menyimpang Dari Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah, Jurnal Kewarganegaraan Vol. 6 No. 1 Juni 202
Mamik, Metodologi Kualitatif, Cet. Pertama, Jawa Timur: Zitama Publisher, 2015
Mochamad Nursalim, Strategi dan Intervensi Konseling, Jakarta: Akademia Permata, 2013
Mohamad Muspawi, Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol 20 No. 2 Juni 2020, h. 402-209
Morissan, Riset Kualitatif, Cet ke-1, Jakarta: Kencana, 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farah Mutia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.