STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF LEMBAGA DI UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Authors

  • Silvia Maharani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Asep Rohman Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34191

Keywords:

Strategi, Humas, Citra Positif

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Hubungan Masyarakat dalam Membentuk Citra Positif di Lembaga UIN Fatmawati Sukarno.” Permasalahan yang diteliti yaitu bagaimana strategi humas dalam membentuk citra positif di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam strategi humas dalam membentuk citra positif di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui strategi humas dalam membentuk citra positif di UIN Fatmawati Sukarno serta faktor pendukung dan faktor penghambat strategi humas dalam membentuk citra positif di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Yang menjadi informan penelitian yaitu Subbag Humas, Dosen dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) susunan kegiatan yang sudah sesuai dan tersusun secara baik, (2) penjadwalan yang sudah optimal, (3) adanya publikasi yang dapat menyebarluaskan informasi baik dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan civitas akademika, (4) lingkungan sekitar sudah memiliki pandangan yang positif terhadap UIN Fatmawati Sukarno, (5) kebijakan-kebijakan perguruan tinggi yang sudah memenuhi kebutuhan para mahasiswa/i, (6) lulusan yang mudah memperoleh pekerjaan belum banyak, (7) adanya pengajar-pengajar yang kompeten. Adapun faktor pendukungnya yaitu SDM subbag humas yang baik dan terampil, akreditas yang baik serta alat kehumasan yang tersedia. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan sarana dan prasarana humas serta persaingan perguruan tinggi yang ketat.

References

Al Maidah, 2021. Jurnal Skripsi. Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Citra Lembaga UIN Walisongo Semarang. Semarang: Walisongo Repository

Adindo, Winge Apri, 2021. Kewirausahaan dan Studi Kelayakan Bisnis Untuk Memulai dan Mengelola Bisnis, Yogyakarta: Deepublish

A, Josi, 2017. Jurnal Inform Pengembangan IT Vol. 2 No. 2. Implementasi Algoritma Genetika Pada Aplikasi Penjadwalan Perkuliahan berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Waterfall

Ardianto, Elvinaro, 2004. Public Relations: Suatu Pendekatan Praktis. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Arwanda, dkk, 2014. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen Vol. 7 No. 2. Kepuasan, Citra, Dan Loyalitas Pada Lembaga Pendidikan Tinggi: Kasus di Akademi XYZ

Apriananta, Jefri Yosua, 2018. Jurnal KOMUNIKATIF Vol. 7 No. 2. Penggunaan Website dan media Sosial dalam Membangun Citra Positif Perguruan Tinggi

Asmani, Jamal Ma`mur, 2009. 7 Kompetisi Guru Menyenangkan dan Profesional. Yogyakarta: Power Books

A. Suprapto, 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish

Assauri, Sofian, 2013. Strategic Management: Sustainable Cometitive Advantages. Jakarta: Rajawali Press

Bahri, Djamarah Saiful dan Asnawi Zaid, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

B. Musthofa, 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press

Danandjaja, 2011. Peranan Humas dalam Perusahaan. Cet 1. Yogyakarta: Graha Ilmu

Deby, dkk, 2023. Jurnal INSPIRASI: Ilmu-Ilmu Sosial Vol. 20, No. 2. Persepsi Masyarakat Terhadap Kehadiran Perguruan Tinggi Dan Tingkat Kesadaran Masyarakat Melanjutkan Pendidikan Tinggi (Studi Kasus Masyarakat Kec. Langsa Lama, Kota Langsa

E. Kresno, Martha, 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press

Fakhrurizae, Okta, 2019. Jurnal Penelitian Agama Vol. 20 No. 2. Memaksimalkan Sasaran Humas Di Lembaga Pendidikan

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, 2009. Strategi Belajar Mengajar, Cet 3, Bandung: PT Rafika ADITAMA

Fattah, Nanang Manajemen Strategik Berbasis Nilai, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016)

Firsan, Nova, 2011. Crisis Public Relations. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Gassing, S. Syarifuddin & Suryanto, 2016. Public Relations. Yogyakarta: Cv. Andi Offset

Graha, Dio, 2022. Kehumasan Organisasi, Tanggung Jawab Siapa?. Jakarta: Direktorat Hukum dan Hubungan Masyarakat

Islamy, Irfan, 2000. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Jakarta. Sinar Grafika

Jekfins, Frank, 1992. Public Relations, terj. Aris Munandar. Jakarta: Erlangga

J. Moleong, Lexy, 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Juamarniti, dkk, 2019. Jurnal Mappesona Vol. 2 No.1. Analisis Peran Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi di SMKN 7 Bone

Maharani, S., Kholid, M. N., Pradana, L. N., & Nusantara, T. (2019). Problem Solving in the Context of Computational Thinking. Infinity Journal, 8(2), 109. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p109-116

Maulidiyanti, Mareta, 2018. Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol. 1 No. 1. Persepsi Mahasiswa Vokasi UI Terhadap Strategi Humas UI dalam Menangani Isu dan Krisis Kartu Kuning

M, Grant Robert, 1999. Analisis Strategi Kontemporer: Konsep Teknik, Aplikasi. Jakarta: Erlangga

Morissan, 2008. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana

Muhadjir, Noeng, 2000. Ilmu pendidikan dan Perubahan Sosial. Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Raka Sarasin

Muri, Yusuf, 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Kualitatif dan Metode Gabungan (edisi pertama). Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Nasution, Zulkarnain, 2010. Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan: Konsep, Fenomena dan aplikasinya. Malang: UMM Press

Nur, Merinda & Umi Halwati, 2023. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 2. Ruang Lingkup manajemen Humas di lembaga Pendidikan

Philip, Lesly. 1992. Public Relations Handbook. New York: Pantice Hall

R, Fred David, 2006. Manajemen Strategis, Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat

Romandoni, H. R., Maharani, S., Firdaus, T. C. M., & Septyawan, A. (2023). Analisis Bibliometrik: Games Computational Thinking dalam Pembelajaran. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(1), 20-28.

Ruslan, Rosady, 1994. Praktik Dan Solusi Public Relation. Jakarta: Ghalia Indonesia

Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ruslan, Rosady, 2008. Manajemen Public Relatoins & Media. Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sadri, Muhammad, 2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol. 2, No. 2. Kompetensi Pedagogik Dosen dan Prestasi Akademik Mahasiswa

Saputro, A. N., Maharani, S., Yunita, W., Romandoni, H. R., Septyawan, A., & Soleh, D. R. (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MTSN SE-KABUPATEN NGAWI MELALUI PENYUSUNAN BEST PRACTICE DAN PUBLIKASI ILMIAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5492-5496.

Satlita, Lena, 2006. Jurnal Efisiensi UNY Vol. 6 No. 1. Membangun Citra positif Organisasi Melalui Public Relations

Septyawan, A., Soleh, D. R., & Ricahyono, S. (2023). Publication Trends in Indonesian Language Teaching: Focus on'Making Effective Sentences'(2014-2023). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 6782-6792.

Siahaan, E. Y. S., Muhammad, I., Dasari, D., & Maharani, S. (2023). Research on Critical Thinking of Pre-service Mathematics Education Teachers in Indonesia (2015-2023): A Bibliometric Review. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i1.19734

Skolastika & Meliana, 2018. Jurnal Teknologi Terpadu Vol. 4 No. 2. Tracer study Alumni STIKOM Uyelindo Kupang Berbasis Ecommunity

Soemirat, Soleh & Elvinaro Ardianto, 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiarto, Eko, 2015. Menyusun proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Pradana, L., Sholikhah, O., Maharani, S., & Kholid, M. (2020). Virtual Mathematics Kits (VMK): Connecting Digital Media to Mathematical Literacy. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(3), 234–241.

Umam, Khaerul, 2012. Komunikasi dan Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia

Waskitoningtyas, R. S., Khotimah, H., Sari, T. H. N. I., & Maharani, S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Orangtua tentang Perkembangan Kognitif dan Sosial Peserta Didik di Kelurahan Sepinggan Balikpapan. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 89-97.

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Maharani, S. ., Marlina, L. ., & Rohman, A. . (2024). STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF LEMBAGA DI UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12724–12733. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34191

Most read articles by the same author(s)