STRATEGI PENERAPAN BELAJAR DI RUMAH (ONLINE) SISWA DAN SISWI TUNANETRA AL-MAHSYAR MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33995Keywords:
Strategi, Pembelajaran Online, Siswa Tuna Netra.Abstract
Strategi pembelajaan harus sesuai dengan jenis materi, karakteristik peserta didik serta situasi dan kondisi di mana proses pembelajaran itu berlangsung. Strategi pembelajaran juga hendaknya dilandasi prinsip episiensi dan efektivitas dalam mencapai tujuann pembelajaraan dan tingkat keterlibatan dan keikutsertaan peserta didik. Pembelajaraan jarak jauh sebagai metode pembelajaran yang diterapkan di SLB Al-Mahsyar Tunanetra Mataram semenjak covid-19 mewabah dan penerapannyaa masih dilakukan sampai hari ini dalam kondisi tertentu. Penelitian bertujuan untuk mengkaji strategi pembelajaran online di Sekolah Tunanetra Al-Mahsyar Mataram. Fokus peneliitian pada penerapan pembelajaran online siswa tunanetra dan kendala yang dihadapi. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran online yang diterapkan belum maksimal karena kurangnya penguasaan teknologi dan tidak tersedianya alat belajar seperti handphone karna kemampuan ekonomi.References
Ali sadikin, Afreni Hamidah, Pembeljaran Daring di Tengah Wabah Covid 19, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi Pendidikan Biologi, 2020.
Atmaja Jati Rinarki, Pendidikan dan Bimbigan Anak Berkebutuhan Khusus, Bandung, Rosda Karya, 2017
B.N. Mabrun, Kamus Politik, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2013.
Ely Satyasih Rosali, Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Coviid 19 di Jurusan Pendidikan Geografi Unversitas Silwangi Tasikmalaya, Geografi Scince Eduucation Exploredd Journal Universitas Siliwangi Tasikmalaya, 2020
Hamdayana Jumanta, Metodologi Pengajaran, Bumi Aksara Jakarta, 2017
Jaenudin Ujam, Psikologi Kepribadian,Pustaka Ceria Banndung Jawa Barat, 2012
Kaelan.H, Metode Penelitian Kualitatif Interdisipnier Bidang Sosial Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Huumaniora, Paradigma, Sleman Yogyakarta. 2012
Nurul Latifatul dan Lukman Hakim, Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris, Jurnal Pemikiran dan Pendidikan UIN Mataram. 2019.
Sanjaya Wina, Strategi Peembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta 2020
Wijaya David, Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah DasarJakarta: Prenadamedia Group, 2019.
Wawancara Dengan Kepala Sekolah SLB-A YPTM Mataram, Pukul 10:00 Wita
Pada Hari Senin 06 Januari 2020
Wijaya Dafid, Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Jakarta, Pramendia Group. 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dely Huzaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.