PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN RATING PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE DI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE PADA GENERASI Z

Authors

  • Tengku Syarifah Universitas Asahan
  • Zuhriyan Efendi Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33511

Keywords:

Brand Ambassador, Rating Produk, Minat Beli.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Ambassador dan Rating Produk terhadap Minat Beli Produk Skincare di Platform E-commerce Shopee Pada Generasi Z. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z pengguna internet yakni 76.217.837 jiwa. Teknik penarikan sampel yang ditentukan dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik penarikan sampel ini merupakan proses pengambilan sampel melalui pembagian populasi kedalam strata. Sampel yang dikehendaki dihitung menggunakan rumus slovin dengan margin eror sebesar 10%, didapatkan sampel sebanyak 99.99 digenapkan sebanyak 100 orang sebagai sampel yakni 58 responden pulau Jawa, 19 responden pulau Sumatera, 8 responden pulau Kalimantan, 6 responden pulau Sulawesi dan 9 responden wilayah Nasional lainya. Data yang digunakan berupa data primer penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Tiktok, WhatsApp, Facebook, Telegram, Instagram, dan Walkitalki. Menggunakan kuesioner elektronik yakni Google form.. Alat analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan Pengaruh Brand Ambassador dan Rating Produk secara simultan berpengaruh terhadap Minat Beli dibuktikan dengan signifikan sebesar (0,000 < 0,05) maka diperoleh Fhitung > Ftabel(25,747 > 2,70). Sedangkan secara parsial Brand Ambassador berpengaruh terhadap Minat Beli dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 dengan nilai thitung  > ttabel (3,221 > 1,98472) dan secara parsial Rating Produk berpengaruh terhadap Minat Beli dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung > ttabel (4,829 > 1,98472).

References

Awaludin, M., Utoyo, I., & Silalahi, S. 2013. Paradox Marketing in Practice. PT. Gramedia Pustaka utama.

Sudaryan, Bambang & Agusiad Y, H. R. R. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Elida, T., & Raharjo, A. 2019. Pemasaran Digital. IPB Press.

Gunawan, D. 2022. Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.

I Made Laut Mertha Jaya •. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.

Ismayani, A. 2019. Metodologi Penelitian. Syiah Kuala University Press.

Juliansyah, N. 2012. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Desertasi dan Karya Ilmiah. PT Fajar Interpratama Mandiri.

K.Judisseno, R. 2019. Branding Destinasi dan Promosi Pariwisata. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. 2019. Marketing 4.0. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T.A. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. CV Budi Utama.

Restu, H., Saputra, M. Indra, Triyono, A., & Suwaji. 2021. Metode Penelitian. Deepublish.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Thian, A. 2020. Komunikasi Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Triastuti, A. E. 2020. Manajemen Pemasaran Plus. Deepublish.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Syarifah, T. ., & Efendi, Z. . (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN RATING PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE DI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE PADA GENERASI Z. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 12098–12102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33511

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.