PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN MEREK,DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AIR MINUM DALAM KEMASAN LE MINERALE

Authors

  • Tengku Syarifah Universitas Asahan
  • Dina Kuswara Dewi Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18317

Keywords:

Kualitas Produk, Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan,Loyalitas, Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis masalah pada materi bangun datar yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas VI SD. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang mencirikan adanya masalah nyata sebagai konteks bagi siswa untuk mempelajari keterampilan kritis dan pemecahan masalah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) Analisys, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis masalah diperoleh rata-rata hasil validasi materi aspek kelayakan isi kategori sangat valid dengan  rata - rata 4,5. Aspek keterbahasaan kategori valid dengan rata-rata 4,1.  Aspek kelayakan penyajian kategori sangat valid dengan rata-rata 4,4. Validasi media pada aspek kelayakan isi kategori cukup valid dengan  rata - rata 3,4. Aspek kelayakan penyajian kategori sangat valid dengan rata-rata 4,4. Aspek kelayakan kegrafikan kategori valid dengan rata-rata 4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis masalah pada materi bangun datar untuk digunakan pada siswa kelas VI SD yang dikembangkan dengan model ADDIE dapat digunakan  dalam pembelajaran.

References

Abdurahman, Dudung, Pengantar Konsep Dan Metode Penelitian, Edisi Kedelapan, Yogyakarta : Kurnia Kalam Semesta, 2014

Ahyari, Agus, Manajemen Perencanaan Pada Sistem Produksi, Cetakan Kedua, Yogyakarta: Bpfe, 2011

Alma. Buchori, Manajemen Dan Strategi Pemasaran : Konsep Pemenuhan Kebutuhan Konsumen, Bandung: Alfabeta, 2012

Armstrong, Gary, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid Kedua, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009

Deliyanti, Oentoro, Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Pertama, Yogyakarta : Laksbang Pressindo, 2010

Djaslim, Saladin, Intisari Pemasaran Dan Unsusr-Unsur Pemasaran, Cv Linda Karya : Bandung, 2011

Griffin, J, Customer Loyalty. Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Alih Bahasa Dwi Kertini Yahya, Jakarta: Erlangga, 2010

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga Belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 Dan 2. Jakarta, Erlangga, 2010

Lupiyoadi, Rambat Dan Ahmad Hamdani, Manajemen Pemasaran : Barang Dan Jasa, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuhbelas, Jakarta: Salemba Empat, 2009

Murni, Asfia, Ekonomi Mikro, Jakarta : Refika Aditama, 2014

Purnomo, Setiady, Metodologi Penelitian Sosial, Edisi Ketiga, Jakarta: Bumi Aksara, 2017

Sarwono, Jonathan, Metode Penelitian : Kuantitatif Dan Kualitatif. Cetakan Kedelapan, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006

Sugiyono, Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2016

Sutama, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Ptk Dan R&D, Sukoharjo: Fairuz Media, 2015

Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa, Prinsip Penerapan & Penelitian. Edisi 3, Yogyakarta : Andi, 2012

Umar, Husein, Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Cetakan Kesebelas, Jakarta: Gramedia Pustaka, 2009

Wibisono, Dermawan, Riset Bisnis, Cetakan Ketujuhbelasan, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2013

Pertiwi, P. D., Noviyalosi, Nindiasari, H., & Sukirwan. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726.

Prihatini, A., & Sugiarti. (2022). Citra Kurikulum Baru?: Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, I(2), 58–70. Https://Doi.Org/10.19105/Ghancaran.Vi.7447

Purba, P. B., Siregar, R. S., Suryani, D., Ilman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., Silvia, E., Rahim, R., Chamidah, D., Simarmata, J., & Purba, B. (2021). Kurikulum Dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya,. Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3216

Sunarni, & Karyono, H. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Journal On Education, 5(02), 1619–1621.

Susanti, H., Fadriati, F., & B.S, I. A. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 5 Padang Panjang. Alsys, 3(1), 54–65. Https://Doi.Org/10.58578/Alsys.V3i1.766

Uhbiyati, N. (2008). Ilmu Pendidikan Islam (Ipi). Pustaka Setia.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i04.301

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Syarifah, T. ., & Dewi, D. K. . (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN MEREK,DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AIR MINUM DALAM KEMASAN LE MINERALE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 544–553. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18317

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.