PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN MEREK,DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AIR MINUM DALAM KEMASAN LE MINERALE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18317Keywords:
Kualitas Produk, Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan,Loyalitas, PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis masalah pada materi bangun datar yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas VI SD. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang mencirikan adanya masalah nyata sebagai konteks bagi siswa untuk mempelajari keterampilan kritis dan pemecahan masalah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) Analisys, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis masalah diperoleh rata-rata hasil validasi materi aspek kelayakan isi kategori sangat valid dengan rata - rata 4,5. Aspek keterbahasaan kategori valid dengan rata-rata 4,1. Aspek kelayakan penyajian kategori sangat valid dengan rata-rata 4,4. Validasi media pada aspek kelayakan isi kategori cukup valid dengan rata - rata 3,4. Aspek kelayakan penyajian kategori sangat valid dengan rata-rata 4,4. Aspek kelayakan kegrafikan kategori valid dengan rata-rata 4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis masalah pada materi bangun datar untuk digunakan pada siswa kelas VI SD yang dikembangkan dengan model ADDIE dapat digunakan dalam pembelajaran.References
Abdurahman, Dudung, Pengantar Konsep Dan Metode Penelitian, Edisi Kedelapan, Yogyakarta : Kurnia Kalam Semesta, 2014
Ahyari, Agus, Manajemen Perencanaan Pada Sistem Produksi, Cetakan Kedua, Yogyakarta: Bpfe, 2011
Alma. Buchori, Manajemen Dan Strategi Pemasaran : Konsep Pemenuhan Kebutuhan Konsumen, Bandung: Alfabeta, 2012
Armstrong, Gary, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid Kedua, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009
Deliyanti, Oentoro, Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Pertama, Yogyakarta : Laksbang Pressindo, 2010
Djaslim, Saladin, Intisari Pemasaran Dan Unsusr-Unsur Pemasaran, Cv Linda Karya : Bandung, 2011
Griffin, J, Customer Loyalty. Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Alih Bahasa Dwi Kertini Yahya, Jakarta: Erlangga, 2010
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga Belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 Dan 2. Jakarta, Erlangga, 2010
Lupiyoadi, Rambat Dan Ahmad Hamdani, Manajemen Pemasaran : Barang Dan Jasa, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuhbelas, Jakarta: Salemba Empat, 2009
Murni, Asfia, Ekonomi Mikro, Jakarta : Refika Aditama, 2014
Purnomo, Setiady, Metodologi Penelitian Sosial, Edisi Ketiga, Jakarta: Bumi Aksara, 2017
Sarwono, Jonathan, Metode Penelitian : Kuantitatif Dan Kualitatif. Cetakan Kedelapan, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006
Sugiyono, Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2016
Sutama, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Ptk Dan R&D, Sukoharjo: Fairuz Media, 2015
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa, Prinsip Penerapan & Penelitian. Edisi 3, Yogyakarta : Andi, 2012
Umar, Husein, Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Cetakan Kesebelas, Jakarta: Gramedia Pustaka, 2009
Wibisono, Dermawan, Riset Bisnis, Cetakan Ketujuhbelasan, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2013
Pertiwi, P. D., Noviyalosi, Nindiasari, H., & Sukirwan. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726.
Prihatini, A., & Sugiarti. (2022). Citra Kurikulum Baru?: Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, I(2), 58–70. Https://Doi.Org/10.19105/Ghancaran.Vi.7447
Purba, P. B., Siregar, R. S., Suryani, D., Ilman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., Silvia, E., Rahim, R., Chamidah, D., Simarmata, J., & Purba, B. (2021). Kurikulum Dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya,. Rineka Cipta.
Sukmadinata, N. S. (2012). Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3216
Sunarni, & Karyono, H. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Journal On Education, 5(02), 1619–1621.
Susanti, H., Fadriati, F., & B.S, I. A. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 5 Padang Panjang. Alsys, 3(1), 54–65. Https://Doi.Org/10.58578/Alsys.V3i1.766
Uhbiyati, N. (2008). Ilmu Pendidikan Islam (Ipi). Pustaka Setia.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i04.301
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tengku Syarifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.