IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS DIMENSI BERGOTONG ROYONG PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Firnie Zonna Aneka Surya Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Kurnia Lathifah Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Sekar Arum Pramudita Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Nurratri Kurnia Sari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33256

Keywords:

Pembelajaran, Berdiferensiasi, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Kurikulum Merdeka belajar bertujuan agar peserta didik dapat dengan bebas berpikir, berekspresi, berkreativitas, serta dapat mengakses ilmu pengetahuan dari berbagai sumber. Kurikulum Merdeka ini pada praktiknya tentu tidak lepas dari proses pembelajaran, akan tetapi dalam praktiknya sebagian besar pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh guru kurang berpihak dan memerdekakan peserta didik. Hal ini karena peserta didik diperlakukan secara sama oleh guru, pembelajaran yang telah dirancang tidak disesuaikan dengan karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan belajar peserta didik. Maka dari itu pembelajaran berdiferensiasi hadir sebagai inovasi pembelajaran yang dapat memberikan kebebasan dan kemerdekaan belajar pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus kualitatif. Dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan oleh peneliti di SDN Joho 01 Sukoharjo didasarkan pada dimensi bergotong-royong pada Profil Pelajar Pancasila. Penelitian tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini mendapatkan beberapa hasil diantaranya : (1) pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu alternatif dan inovasi untuk reformasi pembelajaran yang selama ini masih monoton, tidak berpihak dan tidak memerdekakan peserta didik; (2) implementasi pembelajaran berdifernsiasi masih menemui tantangan dalam pengaplikasiannya akan tetapi, guru terus berupaya untuk memaksimalkan pembelajaran berdiferensiasi tersebut; (3) implementasi pembelajaran berdiferensiasi terbukti banyak membawa hasil positif bagi peserta didik maupun guru.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Surya, F. Z. A. ., Lathifah, K., Pramudita, S. A. ., & Sari, N. K. . (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS DIMENSI BERGOTONG ROYONG PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 12017–12027. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33256