PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP CAPAIAN PERCAYA DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK METHODIST 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Jogito Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Sariana Marbun Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40421

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward  terhadap capaian percaya diri anak usia 4-5 tahun di TK Methodist 8 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen bentuk The Equivalent Time Sample Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling, yaitu total sampling dimana seluruh anak berusia 4-5 tahun di TK Methodist 8  sebanyak 1 kelas  yang berjumlah 14 siswa dijadikan sebagai sample. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas, yaitu reward  dan variabel terikat, yaitu percaya diri. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik yaitu uji Uji Wilcoxon. Hasil penelitian perhitungan dan uji hipotesis data menunjukkan bahwa pemberian reward  berpengaruh secara signifikan terhadap percaya diri anak usía 4-5 tahun di TK Methodist 8 Medan Tahun Ajaran 2023/2024

References

Izatusholihah Yulida, Muslihin Heri, E. (2021). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34.

Kemendikbud. (2022). Peraturan Pemerintah Tentang Dimensi, Elemen, dan Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).

Kurnia, A., Nurdiansah, N. and Mediani, H.F. (2022) ‘Pengaruh Pemberian Reward Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini’, 13.

Madiyanah, A. nur, & Farihah, H. (2020). Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Pemberian Reward . Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–26.

Nova Listia, W., Hidayati, I., Septi Anjas Wulan, D., Febianti, M., & Audia Zahra, P. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak TK Al Ihsan Medan. Journal on Teacher Education, 5(3), 297–304.

Nuraini, N., Bakir, W. F., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hafniratunnisa Namlea. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1702–1708.

Puspitasari, R. (2015). Pengaruh Pemberian Hadiah (Reward ) Terhadap Kemandirian Belajar Anak Di Tk Tunas Muda Karas. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2), 53–55.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2017). Seri Pendidikan Orang Tua Membantu Anak Percaya Diri. Jakarta: Kemendikbud.

Wulan, D. S. A. (2021). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Media Realia di TK Al Hidayah Kabupaten Langkat. Jurnal Usia Dini, 7(1), 1.

Additional Files

Published

2024-12-28

How to Cite

Sitorus, J., & Marbun, S. (2024). PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP CAPAIAN PERCAYA DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK METHODIST 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18938–18942. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40421