PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PERKALIAN DI KELAS II SDN KAANGANYAR GUNUNG 02 SEMARANG

Authors

  • Devi Widya Sari Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • Siti Kusniati Universitas PGRI Semarang
  • Noor Miyono SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32736

Keywords:

Media Papan Perkalian, Hasil Belajar, Perkalian

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan matematika dianggap materi yang kurang menyenangkan Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media papan perkalian terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaan matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian 26 siswa. Pengumpulan data yang digunakan pada penalitian ini berupa tes soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pretest 66 sedangkan rata-rata postest 91. Hasil dari hipotesis yang didapat melalui uji Paired Simple T Test (Uji t) menunjukan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media papan perkalian terhadap hasil belajar perkalian kelas II SD N Karanganyar Gunung 02 Semarang.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Sari, D. W. ., Roshayanti, F. ., Kusniati, S. ., & Miyono, N. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PERKALIAN DI KELAS II SDN KAANGANYAR GUNUNG 02 SEMARANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11618–11624. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32736