PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN KELAS V D DI SD N REJOSARI 01 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33162Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pecahan CampuranAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan campuran kelas V D di SD Negeri Rejosari 01. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre – experimental yaitu one group pretest – posttest design. Subyek penelitian adalah siswa kelas V D SD N Rejosari 01 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 27 siswa. Pengumpulan data yang digunakan pada penalitian ini berupa tes soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pretest 55,3 sedangkan rata-rata postest 84,2. Hasil dari hipotesis yang didapat melalui uji Paired Simple T Test (Uji t) menunjukan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kesimpulannya, Hasil belajar materi pecahan campuran kelas V D SD N Rejosari 01 Semarang meningkat melalui model Problem Based Learning.Downloads
Published
2024-08-14
How to Cite
Maulidasari, S. S. . ., Roshayanti, F. ., Dwijayanti, I. ., & Devega, L. S. . (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN KELAS V D DI SD N REJOSARI 01 SEMARANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11925–11931. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33162
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Selly Seltyniya Maulidasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.