PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN KELAS V D DI SD N REJOSARI 01 SEMARANG

Authors

  • Selly Seltyniya Maulidasari Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti SD N Rejosari 01
  • Lidya Septia Devega SD N Rejosari 01

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33162

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pecahan Campuran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan campuran kelas V D di SD Negeri Rejosari 01. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre – experimental yaitu one group pretest – posttest design. Subyek penelitian adalah siswa kelas V D SD N Rejosari 01 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 27 siswa. Pengumpulan data yang digunakan pada penalitian ini berupa tes soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pretest 55,3 sedangkan rata-rata postest 84,2. Hasil dari hipotesis yang didapat melalui uji Paired Simple T Test (Uji t) menunjukan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kesimpulannya, Hasil belajar materi pecahan campuran kelas V D SD N Rejosari 01 Semarang meningkat melalui model Problem Based Learning.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Maulidasari, S. S. . ., Roshayanti, F. ., Dwijayanti, I. ., & Devega, L. S. . (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN KELAS V D DI SD N REJOSARI 01 SEMARANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11925–11931. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33162