PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA (LITERATURE REVIEW)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32226Keywords:
Cooperative Learning, Metode Jigsaw, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah, Sekolah Menengah AtasAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah pada siswa sekolah menengah atas (SMA). Metode kajian literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis penelitian yang relevan mengenai metode jigsaw dalam pembelajaran sejarah. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode jigsaw efektif dalam meningkatkan minat belajar, penguasaan materi, keterampilan sosial, dan prestasi akademik siswa. Meskipun demikian, beberapa tantangan seperti perbedaan kemampuan siswa dan kebutuhan akan bimbingan intensif dari guru perlu diperhatikan. Dengan penerapan yang tepat, metode jigsaw dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan efektif. Implikasi dan rekomendasi praktis juga diberikan untuk mendukung penerapan metode ini dalam pembelajaran sejarah.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suyekti Kinanthi Rejeki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.