ANALISIS KEBUTUHAN KAMUS SAKU DALAM MATA KULIAH QIROAH IV PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32168Keywords:
Kamus Saku, Qiroah, Bahasa ArabAbstract
Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Arab adalah kompetensi keterampilan membaca bahasa Arab. Keterampilan membaca (Maharah Qiro’ah) adalah suatu keterampilan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam melihat, memahami serta memaknai apa isi yang terkandung dalam sebuah tulisan dengan terampil dan fasih. Akan tetapi banyak permasalahan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab, seperti masalah dalam makharijul huruf, mufradat, gramatika, stilistika, morfologi, serta pemahaman isi teks bacaan. Dengan kesulitan inilah yang menjadi tantangan bagi para pemerhati pendidikan dan guru bahasa Arab untuk menentukan sebuah metode pengajaran yang tepat sehingga dalam pembelajaran bahasa Arab dapat tercipta suasana belajar yang menyenangkan, dan dapat menimbulkan perhatian dan motivasi belajar bahasa Arab bagi peserta didik. Penelitian ini dirancang untuk mengembangkan kamus saku sebagai multimedia pembelajaran Qiroah dan sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model desain penelitian Richey dan Klein (2009) dengan langkah-langkah Planning (Perencanaan), Production (memproduksi), Evaluation (Evaluasi).References
Arifah, F. (2021). Pembinaan Kompetensi Mengajar Bahasa Arab Berbasis European Profiling Grid. Al-Ma ‘Rifah, 18(1), 15–26.
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179–196.
Fajri, D. A. ., Rahim, A. ., & Aminullah, A. . (2023). Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Santri Kelas Ix Madrasah Tsanawiyah Khairul Bariyyah Bekasi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1680–1687. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21293
Huda, N., & Ulfah, N. (2019). Pengembangan Kamus Arab-Indonesia Sebagai Penunjang Penggunaan Buku Ajar Madrasah Tsanawiyah Di Kelas VIII. Jurnal Alfazuna, 3(2).
Ni’mah, K., Rizki, M. R., & Ismawati, E. (2020). Implementasi Metode Takrir pada Materi Fi’il dalam Pembelajaran Maharah Qiroah Bahasa Arab Siswa Kelas X SMK NU 1 SUKODADI. Al-Fakkaar, 1(2), 1–17.
Pakihun, M., Ritonga, M., & Bambang, B. (2021). Problematika Pembelajaran Qiro’ah untuk Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Aur Duri Sumani Solok. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 159–182.
Rahmawati, R. D., & Liana, I. (2021). Pengembangan Kamus Saku Arab-Indonesia untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Siswa Kelas VIII di Pesantren Roudhotul Qur’an An-Noer. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 41–54.
Rahmawati, R. D., & Suliyatun, K. (2021). Pengembangan Kamus Saku Arab-Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), 196–199.
Sholehuddin, A., & Wijaya, M. (2019). Implementasi Metode Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiro’ah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 47–64.
Warnilah, A. I. ., Pertiwi, M. W. ., Ramanda, A. ., Ratningsih, R., Apriyani, Y. ., & Kusmira, M. . (2023). Aplikasi Sunda Dictionary (Sundaku) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mempertahankan Budaya: Aplikasi Sunda Dictionary (Sundaku) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mempertahankan Budaya. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4327–4335. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22227
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Murodi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.