PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI FI'IL MU'TAL TSULASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Authors

  • Raden Ahmad Barnabas Universitas Negeri Jakarta
  • Samsi Setiadi Universitas Negeri Jakarta
  • Latifatun Rohimah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32169

Keywords:

Media Pembelajaran, Fi'il Mu'tal, Shorof, Video Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media pembelajaran Fi'il Mu'tal Tsulasi berbasis video Animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ASSURE. Adapun berdasarkan model pengembangan ASSURE, terdapat enam tahap yang harus dilalui untuk mengembangkan model media pembelajaran Fi'il Mu'tal Tsulasi berbasis video animasi, yaitu: (1) analisis karakteristik mahasiswa dan kebutuhan pengajar Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terhadap media pembelajaran Fi'il Mu'tal. (2) Menentukan Tujuan Pembelajaran Fi'il Mu'tal. (3) Memilih Strategi, Teknologi, Media, dan Materi. (4) Memanfaatkan Teknologi dan Materi. (5) Mendorong Partisipasi Mahasiswa dalam pembelajaran. (6) Evaluasi dan Revisi Video-video animasi.  Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan kategori "sangat layak" dengan persentase 93%, dan hasil penilaian dari ahli media mendapatkan kategori "sangat layak" dengan persentase 100%. Selain itu, penilaian dan evaluasi dari mahasiswa juga mendapatkan kategori "sangat layak" dengan persentase 92,74%. Dengan demikian, Media pembelajaran Video animasi layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk materi Fi'il Mu'tal.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Barnabas, R. A. ., Setiadi , S. ., & Rohimah, L. . (2024). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI FI’IL MU’TAL TSULASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11051–11062. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32169

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.