EXPLORING THE IMPACT OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE ON ENGLISH LANGUAGE LEARNING: A STUDY ON AI-POWERED TEACHING TOOLS

Authors

  • Dwi Nopiyadi Institut Prima Bangsa
  • Siti Salsa Nur Hanaya Institut Prima Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38804

Keywords:

Artificial Intelligence, English Language Learning, AI-powered tools

Abstract

Studi ini menyelidiki dampak alat pengajaran berbasis Kecerdasan Buatan (AI) terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris (ELL), dengan fokus pada efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan berbahasa, keterlibatan peserta didik, dan hasil pembelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran, menggabungkan data kuantitatif dari penilaian sebelum dan sesudah tes serta survei keterlibatan peserta didik, dengan wawasan kualitatif yang diperoleh dari wawancara dan diskusi kelompok terfokus. Studi ini membandingkan dua kelompok pembelajar dewasa bahasa Inggris: satu menggunakan alat berbasis AI (misalnya, Duolingo, Babbel) dan yang lainnya mengikuti metode pembelajaran bahasa tradisional. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbahasa pada kelompok eksperimen, terutama dalam kosakata dan tata bahasa. Peserta didik yang menggunakan alat berbasis AI melaporkan tingkat keterlibatan, motivasi, dan kepuasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Namun, penelitian ini juga mengungkap tantangan terkait keterbatasan AI dalam mendukung keterampilan berbicara dan menulis, serta masalah teknis dengan akurasi pengenalan suara. Meskipun ada tantangan tersebut, temuan ini menunjukkan bahwa alat berbasis AI efektif dalam meningkatkan pembelajaran bahasa, terutama jika diintegrasikan ke dalam lingkungan pembelajaran campuran. Studi ini menyoroti potensi AI untuk merevolusi pendidikan bahasa sekaligus mengakui perlunya perbaikan berkelanjutan baik dalam teknologi maupun pedagogi untuk memastikan akses yang adil dan efektivitas yang maksimal. Penelitian di masa depan sebaiknya mengeksplorasi dampak jangka panjang dari alat berbasis AI dan pengaruhnya terhadap pengembangan keterampilan berbicara dan menulis pada pembelajar bahasa.

References

Ahmed, R., Zhang, J., & Lee, S. (2023). Motivation through AI gamification: A study on language learning platforms. Computers & Education, 194, Article 104695.

Ahmed, S., & Rahimi, F. (2023). Enhancing learner autonomy through AI in language learning. Educational Technology Research and Development, 71(2), 145–163.

Chen, T., Lin, J., & Huang, C. (2022). Bias in AI algorithms: Implications for English language learning. Artificial Intelligence in Education, 17(2), 89–104.

Chen, X., Zhao, L., & Peng, Y. (2020). Personalization in AI education tools for English learning: Challenges and potentials. Interactive Learning Environments, 28(5), 567–580.

Fathi, J., & Afshari, S. (2021). Promoting inclusivity in language education through AI tools. Language Learning & Technology, 25(2), 65–79.

Godwin-Jones, R. (2023). Language learning with AI-powered tools: A review of innovations and implications. Computer-Assisted Language Learning, 36(1), 56–74.

Haristiani, N. (2019). AI as a catalyst for educational reform in English language teaching. Asia-Pacific Journal of Education, 39(4), 589–604.

Heffernan, N., Lee, J., & O’Malley, C. (2023). Artificial Intelligence in language learning: Benefits and challenges. Journal of Educational Technology, 42(3), 45–61.

Heidari, E., Rahimi, M., & Ghavifekr, S. (2021). Exploring the role of AI tools in improving English language proficiency among EFL learners. International Journal of Educational Technology, 20(3), 45–56.

Hooda, M., Mehra, S., & Chauhan, R. (2022). AI for real-time feedback and success in educational systems. Computers in Human Behavior, 128, Article 107123.

Huang, X., Sun, Y., & Wei, Z. (2023). Trends in AI-assisted language learning: A comprehensive review. Technology, Knowledge, and Learning, 28(3), 305–325.

Hwang, G.-J., Chen, C.-H., & Lai, C.-L. (2020). Artificial intelligence in language education: Applications and trends. Educational Technology & Society, 23(4), 53–67.

Li, J., Xu, X., & Zhao, Y. (2020). The effectiveness of AI-based speech recognition tools in EFL classrooms. Journal of Language Teaching and Research, 11(6), 874–882.

Li, X., & Wang, Y. (2022). The role of AI in language education: Impact and potential. Educational Research Review, 29(2), 123–138.

Ling, W., Zhang, X., & Hu, L. (2023). AI-driven instruction in English learning: Enhancing learner engagement and outcomes. Frontiers in Psychology, 14, Article 1261955. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1261955

Mananay, J. (2023). Teacher perspectives on the integration of AI in English classrooms. Journal of Educational Innovation, 10(1), 50–64.

Thomas, P., & Kearney, M. (2023). The intersection of AI and language teaching: Exploring the challenges and opportunities. Journal of Language Teaching and Technology, 15(4), 210–228.

Vadivel, B., Sundararaj, D., & Rajendran, R. (2023). Ethical considerations in implementing AI technologies in education. Journal of Ethics in Education, 32(1), 22–38.

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Challenges and opportunities of AI in education: A systematic review. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 20(3), 40–59.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Nopiyadi, D., & Hanaya , S. S. N. (2024). EXPLORING THE IMPACT OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE ON ENGLISH LANGUAGE LEARNING: A STUDY ON AI-POWERED TEACHING TOOLS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19124–19133. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38804

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.