PENGARUH EFIKASI DIRI, GAYA BELAJAR, TEMAN SEBAYA, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MELALUI MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 KAPUR IX
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31874Keywords:
Efikasi Diri, Gaya Belajar, Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: pengaruh efikasi diri, gaya belajar, teman sebaya, lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas x melalui minat belajar sebagai variabel intervensi pada mata pelajaran ekonomi Di SMAN 1 Kapur IX. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X mata pelajaran ekonomi SMAN 1 Kapur IX tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dengan proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 114 orang siswa. teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Kedua gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Ketiga teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Keempat lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Kelima efikasi diri signifikan terhadap prestasi belajar. Keenam gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Ketujuh teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Kedelapan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Kesembilan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.Downloads
Published
2024-07-28
How to Cite
Suhanhez, R. S., Eprillison, V. ., & Rahmania, M. . (2024). PENGARUH EFIKASI DIRI, GAYA BELAJAR, TEMAN SEBAYA, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MELALUI MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 KAPUR IX. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11246–11257. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31874
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Rishi Suhanhez Suhanhez, Vivina Eprillison, Meri Rahmania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.