PENGARUH FAKTOR FISIOLOGIS, KEBIASAAN BELAJAR, IKLIM KELAS, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MELALUI MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 12 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.31873Keywords:
Faktor Fisiologis, Kebiasaan Belajar, Iklim Kelas, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh faktor fisiologis, kebiasaan belajar, iklim kelas, lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X melalui minat belajar sebagai variabel intervening pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 12 padang. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 12 Padang tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama faktor fisiologis berpengaruh signifikan terhadap minat. Kedua kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Ketiga iklim kelas berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Keempat lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat. Kelima faktor fisiologis berpengaruh signifikan terhadap prestasi. Keenam kebiasaan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Ketujuh iklim kelas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Kedelapan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Kesembilan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.References
Afrinaval & Syamwil, S. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ecogen, 2(4), 624. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7840
Dewi & Marwan, M. (2019). Pengaruh Faktor Fisiologis, Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di SMAN 2 Painan. Jurnal Ecogen, 2(4), 696. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7847
Farhaini, Nurul. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4093–4096.
Gloria, Hanna. (2019). Hubungan Iklim Sekolah Dengan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Herni, Yulies. (2023). Pengaruh Minat Usaha Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Jaelani, A. K., Darmiany, D., & Mayasari, B. I. (2022). Kemampuan Kinerja Guru dalam Menciptakan Iklim Kelas yang Kondusif di SDN 34 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1615–1619. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.826
Nupiah, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di MAN 2 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Journal on Education, 5(2), 4391–4409. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1160
Siregar, A., Fitri, A., Assingkily, R., Nasution, R. H., & Amalia, S. (2022). Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Minat Belajar Siswa SMP: Studi Kasus di Desa Karya Jadi, Kecamatan Batang Serangan. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(1), 181–191. https://doi.org/10.47467/mk.v22i2.2282
Wati, F. A., & Isroah, I. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xii Ips Sma Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 112–126. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26516
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Najla Yulia Saputri, Vivina Eprillison, Mona Amelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.