PERAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI SISWA

Authors

  • Tati Sintia Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Citra Ramayani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Vivina Eprillison Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33134

Keywords:

Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebiasaan belajar, fasilitas belajar, lingkungan keluarga, teman sebaya terhadap prestasi siswa dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah  asosiatif. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas X IPS, XI IPS1, XI IPS2 di SMA Negeri 7 Mukomuko tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 63 orang. Sampel berjumlah 63 orang dengan teknik pengambilan sampel Total sampling. Instrument penelitian yang digunakan untuk penelitian ini berupa angket tertutup dengan digunakan analisis jalur dan hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa: Kebiasaan belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel ntervening. Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Teman sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Kebiasaan belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Fasilitas belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar. Teman sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar. Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar.

References

Jenira, S. (2019). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Komitmen Menyelesaikan Studi Pada Mahasiswa Semester Akhir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 274–283. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4783

Khairunisa, R. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 001 Samarinda Utara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 146–151. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.404

Oktaviana, V. D. (2023). PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI JAKARTA TIMUR. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 2 (.

Ratunguri, Y., Supit, D., & Nurhayati, N. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5740–5746. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1262

Rosyid, D. (2019). Prestasi Belajar (M. P. Halimatus Sa’diya & .i (eds.)). CV.Literasi Nusantara Abadi.

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Utami, I. T. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(2), 13–23. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/serasi/article/view/1176

Widiati, Sridana, N., Kurniati, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 885–892. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.240

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Sintia, T. ., Ramayani, C. ., & Eprillison, V. . (2024). PERAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI SISWA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13795–13801. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33134