PERAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33134Keywords:
Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebiasaan belajar, fasilitas belajar, lingkungan keluarga, teman sebaya terhadap prestasi siswa dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS, XI IPS1, XI IPS2 di SMA Negeri 7 Mukomuko tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 63 orang. Sampel berjumlah 63 orang dengan teknik pengambilan sampel Total sampling. Instrument penelitian yang digunakan untuk penelitian ini berupa angket tertutup dengan digunakan analisis jalur dan hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa: Kebiasaan belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel ntervening. Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Teman sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Kebiasaan belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Fasilitas belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar. Teman sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar. Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar.References
Jenira, S. (2019). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Komitmen Menyelesaikan Studi Pada Mahasiswa Semester Akhir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 274–283. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4783
Khairunisa, R. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 001 Samarinda Utara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 146–151. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.404
Oktaviana, V. D. (2023). PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI JAKARTA TIMUR. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 2 (.
Ratunguri, Y., Supit, D., & Nurhayati, N. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5740–5746. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1262
Rosyid, D. (2019). Prestasi Belajar (M. P. Halimatus Sa’diya & .i (eds.)). CV.Literasi Nusantara Abadi.
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Utami, I. T. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(2), 13–23. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/serasi/article/view/1176
Widiati, Sridana, N., Kurniati, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 885–892. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.240
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tati Sintia, Citra Ramayani, Vivina Eprillison
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.