PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD

Authors

  • Vina Muslimah Universitas PGRI Palembang
  • Mirna Taufik Universitas PGRI Palembang
  • Linda Lia Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31111

Keywords:

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Powerpoint Interaktif,Hasil Belajar

Abstract

Sekolah dasar (SD) merupakan lembaga pendidikan bagi anak usia 7-12 tahun yang mempunyai peranan yang sangat penting. Oleh karena itu pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar harus dilaksanakan dengan sangat hati-hati terutama pada keberhasilan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Salah satu hal yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah dengan penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media powerpoint interaktif tema peristiwa dalam kehidupan terhadap hasil belajar siswa SD. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 92 siswa dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive Sampling dimana pengambilan sampel tidak secara acak akan tetapi dengan pertimbangan tertentu, maka terpilih 2 kelas yaitu kelas V.A sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas V.C sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian Quasi Experimental dan bentuk design yang digunakan yaitu  Nonequivalent Control Group Design dengan terdapat pretest dan posttest sebagai alat ukur perbedaan hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan media powerpoint interaktif di kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti adalah soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Teknik pengumpulan data mengguakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji F, dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel T-Test. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang berarti sig (2-tailed) kurang dari 0.05 (<0.05) artinya terdapat nilai signifikan dengan kriteria t-hitung 10.152 > t-tabel 1.671. Maka dapat disimpulkan bahwa   ditolak dan  diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kontekstual berbantuan media powerpoint interaktif tema peristiwa dalam kehidupan terhadap hasil belajar siswa SD.    

References

Antara, P. A., Ujianti, P. R., & Patissera, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhdap Kemampuan Membaca Pemulaan Anak. Jurnal Mimbar Ilmu, 221-231

Bhure, M., Welu, F., See, S., & Ota, M. K. (2021). The Effort enchance pupils Cognitive Learning Achievement Using Contextual Teaching and Learning Approach. Journal of Research in Instructional, 13-22.

Dewi, N., & Manuaba, I. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Siswa kelas IV SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 76-83.

Erza, V. L., Hatim, M., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada pokok Bahasan Flora dan Fauna di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semendawai Suku II OKU. Jurnal Swarnabhumi, 110-116.

Fatimah, M. N., Briliyanti, A. R., & Wahyuni, N. I. (2023). Penerapan Power Point Interaktif dan Quizizz Paper Mode Pada Topik "Pancasila Kebiasaan Hidupku" di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 304-310.

Jafar, A. (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal of Islamic Education, 190-199

Lia, L. (2015). Multimedia Interaktif sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam bidang pendidikan sanis. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 132-140.

Mabruri, & Hamzah. (2020). Pemanfaatan Media Microsoft PowerPoint dalam Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Arab pada era digital. Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 11-22.

Pramesty, P., Chasanatun, T., & Laksana , M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD. Konferensi ilmiah dasar, 823-833.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik siswa kelas atas Sekolah Dasar. Mathematics Education Journal, 9-15.

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar ipa ditinjau dari Minat Outdoor pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 72-79.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Sumantri, M. S., & dkk. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Wahono, B., Lin, P.-L., & Chang, C.-Y. (2020). Evidence of STEM Enactment Effectiveness in Asia Student Learning Outcomes. Journal of STEM Education, 1-18.

Wardani, N. F., Sunardi, & Suharno. (2020). Thematic Learning in Elementary School: Problems and Possibilities. Education and Humanities Research, 1-10.

Wibowo, A., Simaremare, A., & Yus, A. (2022). Analisis Permasalahan Belajar Pendidikan Dasar. Journal of Social Interactions and Humanities, 37-50

Wirana, I. T., & Gading, I. (2022). Interactive Powerpoint Learning Media on Science Content for Fifth Grade Elementary School. Journal of Lesson, 190-198.

Yanti,Rizka., Hamdani., Halidjah, Siti. (2023). Pengaruh Model Contextual Teching and Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar 12 Pontianak Kota. Communnity Development Journal, 11399-11405

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Muslimah, V. ., Taufik, M., & Lia, L. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9878–9884. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31111