PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TARI MAYANG RONTEK PADA MATERI KEUNIKAN KEBIASAAN MASYARAKAT DI SEKITARKU UNTUK SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30959Keywords:
Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis tari mayang rontek pada materi Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku, (2) mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar berbasis tari mayang rontek pada materi Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku. Penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analizy, Design, Develop, Implementation, Evaluation), namun dibatasi pada tahap Implementation (Implementasi). Metode pengumpulan data menggunakan angket validasi materi, validasi bahan ajar, dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif untuk mengetahui kelayakan produk dan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan proses pengembangan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) produk hasil pengembangan bahan ajar berbasis tari mayang rontek dikembangkan melalui empat tahap yaitu tahap Analizy, Design, Develop, Implementation, (2) Hasil uji kelayakan produk pengembangan melalui validasi ahli materi yang mencakup empat aspek penilaian yaitu aspek kelayakan isi, aspek kelayakan kebahasaan, aspek penyajian, aspek belajar mandiri mendapatkan hasil persentase 90% dengan kategori “Layak”, kemudian hasil validasi ahli bahan ajar yang mencakup tujuh aspek penilaian yaitu desain sampul, daftar isi, peta konsep, desain isi, tipografi buku teks, penyajian isi, ketepatan isi, mendapatkan hasil persentase 91,25% dengan kategori “Layak”. Maka hasil pengembangan produk bahan ajar layak digunakan sebagai pendukung kegiatan belajar pada materi Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku untuk siswa kelas IV.References
Amalia Fitri, d. (2021). Ilmu Pengetahuan Buku Siswa. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jalan Gunung Sahari Raya No.4 Jakarta Pusat.
Amalia Fitri, d. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Buku Siswa. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jalan Gunung Sahari Raya No.4 Jakarta Pusat.
Azzahra, M., & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 851–859. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2677
Branch, R. M. (2009). Instruction Design The ADDIE Approach. New York, USA: Springer Science+Business Media, LLC, 233 Spring Street, New York, NY 10013, USA.
Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Fajri Kurnia. (2021, Maret 03). Retrieved from Mengorek Mayang Rontek, Tarian Khas Mojokerto Jawa Timur: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/03/03/mengorek-mayang-rontek-tarian-khas-mojokerto-jawa-timur
Gumantan, A., & Mahfud, I. (2020). Pengembangan Alat Tes Pengukuran Kelincahan Mengunakan Sensor Infrared. Jendela Olahraga, 5(2), 52–61. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6165
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Muhammad Nur, S., Rasminto, & Khausar. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Kebudayaan (Studi Pada Keluarga Suku Batak Toba). Bina Gogik, 6(2), 61–74. https://databoks.katadata.co.id/datapublish
Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Definition Stage in the Four-D Model in Research & Development (R&D) Educational Teaching Aids Snakes and Ladders to Improve Science and Mathematics Knowledge of Children aged 5-6 Years. Intersections, 6(1), 23–33.
Normina. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17–28.
Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1), 257–266. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ananda Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




