PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 31 BANYUASIN III

Authors

  • Dwi Palantika Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Nugroho N.A.D Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30237

Keywords:

Kontekstual, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa proses pembelajaran di SDN 31 Banyuasin III yaitu kurangnya contoh secara kontekstual sehingga membuat siswa kurang paham materi sumber daya alam. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sumber daya alam dan model pembelajaran yang digunakan kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 31 Banyuasin III. Metode penelitian ini menggunakan metode pre-exsperimental design dengan menggunakan rancangan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil didapatkan bahwa rata-rata hasil tes yang tertinggi terdapat pada tes akhir

References

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.

Azwardi. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Damanik, S. E. (2019). BUKU AJAR PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DAN

LINGKUNGAN . Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Darman, R. A. (2020). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Sumatera Barat: Guepedia. Darmawan, D., & Wahyudin, D. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah . Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Djaali. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara. Gusti, G. P., & Hilda. (2023). Metode Penelitian Eksperimen Untuk Pemula. Jawa Tengah:

Wawasan Ilmu.

Hanipah, A. D., Amalia, T. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(1), 41-51.

Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). TEORI PENGENALAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

PADA ANAK USIA DINI. Jawa Tengah: PM Publisher.

Hidayanti, D. N., Kumalasari, G., & Riswandani, A. (2023). Defiinisi Pembelajaran Kontekstual pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Pengenrejo 2. Indonesian Journal Of Elementary and Childhood Education, 4 (2), 51-58.

Hidayat, A. A. (2021). MENYUSUN INSTRUMEN PENELITIAN & UJI VALIDITAS

RELIABILITAS. Surabaya: Health Books Publishing.

Khuluqo, I. E., & Istaryatiningtias. (2022). MODUL PEMBELAJARAN MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM. SUL-TENG: CV. Feniks Muda Sejahtera.

Lipiah, D., Septianti, N., Yuwono, R., & Atika, R. (2022). Implementasi model pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Tsaqofah, 2(1), 31-40.

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Purba, B., Rahmadana, M. F., Yennyka Leilasariyanti, M., Amruddin, MT Simarmata, M. M., Krisnawati, A., . . . Iswahyudi. (2023). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Yayasan Kita Menulis, 4.

Purwanti, E. (2022). Pembelajaran Kontekstual Media Objek Langsung Dalam Menulis Puisi.

NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. Rahman, S. (2022, January). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289-301.

Sudaryono. (2021). STATISTIK II STATISTIK INFERENSIAL UNTUK PENELITIAN.

Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Sutha, D. W. (2019). BIOSTATISTIKA. Malang: Media Nusa Creative.

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Syntax Literate, 5(8), 555-564.

Yamin, M. (2022). PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN (PENDEKATAN PSIKOLOGI) EDISI REVISI. Riau: DOTPLUS.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Palantika , D. ., Sukardi, S., & N.A.D, N. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 31 BANYUASIN III. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14795–14803. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30237