ANALISIS PROBLEMATIKA GURU IPAS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 97 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29988Keywords:
Penerapan Kurikulum Merdeka, Problematika Guru IPA, SolusiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kurikulum Merdeka diterapkan, masalah yang dihadapi guru IPAS saat menerapkannya, dan cara guru menangani masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar negeri 97 Palembang pada kelas IV. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk melakukan penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan pengurangan data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka didasarkan pada struktur intrakulikuler, di mana ada tiga kegiatan: pendahuluan, inti, dan penutup. Guru menghadapi masalah seperti tidak memahami konsep kurikulum independen dan bagaimana membuat modul ajar dan perencanaan. Masalah ini termasuk mengevaluasi hasil pembelajaran dan membuat alur tujuan pembelajaran yang disesuaikan.References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan KI H adjar Dewantara dan Relevansasinya bagi Pengembangan Pendidikan karakter. Filsafatindonesia, 99-100.
Algusni, I., &Masduki, Y. (2024). Psikologi Pendidikan Islam: Peran Guru dalamMenanamkanKecerdasan. MASALIQ, 4(1), 151-167.
Arif Anggara, Amini, “PenerapanKurikulum Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, No, 1, (Tahun 2023), 1902.
Aspi, M., &Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalammenghadapitantanganperkembanganteknologipendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.
Dachliyani, L. (2019). Instrument yang Shahih: Sebagai Alat UkurKeberhasilanSuatuEvaluasi Program Diklat (EvaluasiPembelajaran). MADIKA, 62-63.
Damayanti, A. T., Pradana, B. E., & Putri, B. P. (2023). Literature Review: ProblematikaKesiapan Guru TerhadapPenerapanKurikulumMerdeka. SNHRP, 5, 465-471.
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., ... & Waris, L. (2022:5). MetodologiPenelitianKualitatif. Get Press.
Hesti, H., Aslan, A., & Rona, R. (2022). ProblematikaPembelajaranTematik. Integratif Di Madrasah IbtidaiyahIkhlaasul ‘Amal Sebawi. Adiba: Journal of Education, 2(3), 300-310.
Hehakaya, E., &Pollatu, D. (2023). Problematika Guru Dalam MengimplementasikanKurikulum Merdeka. DIDAXEI, 3(2), 394-408.
https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14179832698137-Struktur-Kurikulum-Merdeka-dalam-Setiap-Fase. (10:05, 12 januari 2024).
Https://Kirikulum.kemendikbud.go.id(13:40, 5 januari 2024). IlmuPengetahuanalam dan sosial (ipas).
Https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/ragaminfo/ipaspengerti an -tujuan -dan elemennya-20wo3XdAl0 (11:22, 5 januari 2024).
Https://id.csribd.com/documen/543967017/Pengertian-ProblematikaLatifa., et al., (2021:43) Pengertian Guru.
https://kepripedia.com/ptoblematika-guru-dan-siswa-dalam-proses-pembelajaran /(19:05 6 januari 2024).
https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/perbandingan-kurikulum-2013-dan-kurikulum-merdeka/(19:48 6 januari 2024).
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf(21:17 6 januari 2024).
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9-46. Ult.kemdikbud.go.id.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A.d. & S. G. (2020). Pengembangan kurikulum merdeka. Malang: Literasi nusantara.
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikatkurikulumdalampendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85-88
M. SobrySutikno, Strategi Pembelajaran, (Jawa Barat : CV Adanu Abimata, 2021),25
Nasution, S.W. (2021). AsesmenKurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Mahesa Research Center, Vo.1 No. 1.
Nia Amelia., Eka Tusyana., & Seka Andrean. (2023) Problematika Guru Dalam MenerapkanKurikulum Merdeka Belajar. JurnalKeguruan Dan IlmuTabiyah.
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219-232.
Nurul Wahidah, M Zubair, ”Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri I Mataram” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, No. I, (April 2023), 698.
Rahardjo. M. (2021, Juni 10). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif Retrieved Februari 17, 2023, From Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: https;/uin-malang.ac.id/r/10601/metode-pengumpulan-data-penelitia-kualitatif.html
Savitri, D. I. (2020). peran guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol 2,274-279.http:eproceedinggs.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/articel/view/1392.
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H B. (2020). Merdeka belajar: Kajian Literatur. Urban Green Conference Proceeding Library,I.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik PemeriksaanKeabsahan Data dalamPenelitianIlmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial&Humaniora, 1(1), 53-61.
Uno, H. B. (2023). Perencanaanpembelajaran. Bumi Aksara.
Wardani, B. G. (2022). ImplementasiKebijakanKurikulum Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Dalam Perespektif Teori Konstruktivisme di Universitas Muhamadiyah Malang. TesisDirektorat Program Pascasarjana UMM.
Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B., Safar, M., &Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam MenerapkanKurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056-2063.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marina Marina, Sukardi Sukardi, Ferri Hidayad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.