PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Hajar Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yenni Fitra Surya Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.169

Keywords:

Aktivitas, Kooperatif Two Stay Two Stray, Hasil belajar

Abstract

Masalah dalam  penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA sebesar 58,3% atau 14 siswa dari 24 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menerapkan model Kooperatif Two Stay Two Stray. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata komponen aktivitas siswa secara klasikal sebesar 8,8 dengan persentase siswa aktif 73% (kategori cukup), siklus II komponen aktivitas klasikal meningkat sebesar 1,7 sehingga menjadi 10,5 dengan persentase siswa aktif meningkat sebesar 14,5% sehingga menjadi 87,5% (kategori aktif). Adapun rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 75,3 (kriteria baik) dan meningkat sebesar 10,5 sehingga siklus II menjadi 85,8  (kriteria baik). Dengan demikian, pembelajaran IPA dengan menerapkan model Kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. 

References

Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta

Daitin, T. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreno, 5 (1), 56-62

Darmono, A. (2016). Pendekatan Edutaiment dalam Pembelajaran IPA SD. Artikel Penelitian.

Depdiknas, (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Alfabeta

Dewi, A. N., Rati, N. W., & Dibia, I. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1), 1-10.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukarsa, I. W., Dantes, N., & Arini, N. W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Media Microsoft Powerpoint untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Semester 1 SD Negeri 6 Menaga. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Surya, Y (2017). Penerapan Model Numbered Head Toghether untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas IV SD.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Erlangga. Jakarta

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2011). Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media Thobroni, Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

(2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksa

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Hajar, S., & Surya, Y. F. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 125–138. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.169